Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Damri Angkut 420.000 Penumpang pada Masa Lebaran 2023

Damri menempuh lebih dari 46.000 ritase selama masa Angkutan Hari Raya Idulfitri 1444 H atau Lebaran 2023.
DAMRI. /Kementerian BUMN
DAMRI. /Kementerian BUMN

Bisnis.com, JAKARTA - Damri telah melayani sebanyak 423.674 penumpang dengan menempuh lebih dari 46.000 ritase selama masa Angkutan Hari Raya Idulfitri 1444 H atau Lebaran 2023.

Corporate Secretary Damri Akhmad Zulfikri mengatakan angka tersebut menunjukkan bahwa mobilitas masyarakat Indonesia selama Lebaran menggunakan transportasi darat bus masih tetap tinggi, baik untuk tujuan arus mudik, arus balik, maupun dalam rangka menghabiskan cuti Lebaran.

“Sebanyak lebih dari 420.000 penumpang ini tercatat sejak periode H-10 Lebaran hingga H+3 Lebaran," ujarnya dalam siaran pers, Jumat (28/4/2023).

Adapun Zulfikri menuturkan, puncak arus mudik bersama Damri terjadi pada periode 18-20 April 2023 dengan sejumlah rute favorit, di antaranya rute Jakarta menuju Lampung, Surabaya, Malang, Yogyakarta, Wonosobo, rute dari dan menuju Lampung, hingga ke layanan batas negara Pontianak - Kuching.

Pihaknya, sambung dia, juga mencatat beberapa wilayah dengan jumlah kepadatan penumpang tertinggi pada arus mudik, yakni pemberangkatan dari Pool Damri Kemayoran dan Stasiun Gambir.

"Sedangkan untuk arus balik terjadi pada pemberangkatan dari wilayah Surabaya, Lampung, Purwokerto, dan Wonosobo," ucap Zulfikri.

Dia menambahkan, selama masa angkutan Lebaran tersebut, Damri juga melakukan pemantauan dan evaluasi pergerakan penumpang melalui penyediaan Posko Angkutan Lebaran di beberapa wilayah di Pulau Jawa, seperti Jabodetabek, Jawa Tengah, dan Jawa Timur.

Khusus Pulau Kalimantan, ada Pontianak, Palangkaraya, Samarinda, dan Banjarmasin. Kemudian di Pulau Sulawesi yakni Makassar, Manado, dan Gorontalo, serta di Pulau Papua yakni Jayapura.

“Keberadaan posko tersebut bertujuan untuk melakukan optimalisasi kinerja perusahaan dalam melayani angkutan Lebaran, memastikan kegiatan operasional berjalan tertib, lancar, dan aman,” imbuh dia.




Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Rahmi Yati
Editor : Kahfi
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper