Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Krisis Utang, Kepala Ekonom Bank Dunia Ajukan Pendekatan Penyelesaian Baru

Skema pengurangan utang dari negara G20 tidak berhasil direalisasikan di lapangan sehingga membutuhkan pendekatan baru.
Logo Bank Dunia atau World Bank/Istimewa
Logo Bank Dunia atau World Bank/Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA - Kepala Ekonom Bank Dunia Indermit Gill memberikan pendekatan baru untuk mengatasi krisis utang yang kian memuncak. Langkah-langkah itu termasuk memperhitungkan pinjaman dalam negeri ke keberlanjutan utang suatu negara. 

Gill dalam perbincangannya kepada Reuters (26/4/2023) mengatakan bahwa kerangka kerja bersama yang dibuat oleh G20 ekonomi utama untuk membantu negara-negara termiskin, hanya menghasilkan kemajuan glasial. Hal itu terjadi dikarenakan tidak memperhitungkan 61 persen utang luar negeri negara-negara yang dipegang oleh kreditur swasta. 

Selanjutnya, diketahui hanya ada empat negara yakni Zambia, Chad, Ethiopia dan Ghana yang mengajukan bantuan di bawah mekanisme G20 yang dibentuk pada akhir 2020 pada puncak pandemi Covid-19. Dari negara tersebut, diketahui hanya Chad yang telah mencapai kesepakatan keringanan hutang dengan kreditor, dan tidak termasuk pengurangan utang yang sebenarnya. 

Meningkatnya suku bunga di AS dan ekonomi maju lainnya, membuat uang mengalir keluar dari pasar negara berkembang untuk beberapa waktu. Gill juga mengatakan bahwa tingkat hutang sudah mulai merusak prospek dan membawa ke spiral yang salah, dan banyak dari negara-negara sudah mengalami krisis utang. 

"Banyak dari negara-negara ini sudah mengalami krisis utang. Negara seperti Mesir berada di bawah air." tuturnya. Gill kemudian juga berpendapat bahwa kerangka bersama harus diganti. 

Contohnya, sekitar dua pertiga utang luar negeri Ghana dimiliki secara pribadi, namun kerangka kerjanya difokuskan pada kreditur resmi Klub Paris dan dan memberi pinjaman baru seperti China yang kini menjadi kreditur berdaulat terbesar di dunia. Gill mengatakan bahwa contoh ini tidak memiliki aturan umum untuk menangani utang negara. 

Selanjutnya, Gill berpendapat bahwa meja bundar utang negara yang dibentuk untuk mengatasi tantangan dalam proses keringanan hutang hanya mencapai hasil yang sederhana. 

Pejabat IMF juga mengatakan bahwa China dan peserta lainnya mencapai pemahaman bersama bahwa bank pembangunan multilateral dapat memberikan aliran pinjaman dan hibah bersih yang positif ke negara-negara yang membutuhkan.

Tetapi Gill mengatakan China sepertinya tidak melihat itu mengikat karena pertemuan itu tidak dimaksudkan sebagai mekanisme pengambilan keputusan. Obligasi Brady sendiri, adalah utang yang dijamin oleh pemerintah AS dan dibayar dalam dolar AS. Obligasi ini membantu mengurangi beban utang pemerintah negara berkembang dengan memberikan bunga lebih rendah sehingga dapat membayar utang lebih mudah. 

Saat ini diketahui bahwa obligasi Brady sudah banyak yang dilunasi. Hal ini menunjukan keberhasilan dalam mengatasi krisis utang. Namun masih ada masalah yang perlu diatasi.

Contohnya adalah IMF dan Bank Dunia, yang perlu menilai keberlanjutan utang negara namun tidak memperhitungkan pinjaman dalam negeri. Akibatnya, terkadang angka-angka yang dilaporkan tidak akurat. Masalah ini perlu dipecahkan. 

Gill mengatakan bahwa hal tersebut hanya terjadi sebagian, karena negara-negara berkembang telah membangun sektor keuangan domestik mereka namun tanpa kerangka fiskal berkelanjutan yang sesuai. 

“Tiba-tiba alat penilaian Anda yang hanya melihat asumsi bahwa orang-orang ini hanya bisa meminjam ke luar negeri, sudah tidak sesuai lagi,” ujarnya mengutip dari Reuters (26/4/2023). 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Sumber : Reuters
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper