Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kereta Lokal dan Commuterline Diklaim Jadi Angkutan Masal Utama Selama Lebaran

Selama lebaran, masyarakat diprediksi akan menggunakan transportasi masal kereta sebagai angkutan utama
Sejumlah penumpang kereta rel listrik (KRL) berada di stasiun Manggarai, Jakarta, Senin (20/6/2022). Bisnis/Arief Hermawan P
Sejumlah penumpang kereta rel listrik (KRL) berada di stasiun Manggarai, Jakarta, Senin (20/6/2022). Bisnis/Arief Hermawan P

Bisnis.com, JAKARTA - Memasuki masa cuti dan angkutan Lebaran tahun 2023, Rabu (19/4/2023) pengguna di area Jabodetabek dan KA Lokal Merak akan didominasi oleh pengguna musiman yang bermobilisasi baik untuk mudik ataupun untuk melakukan aktivitas menjelang hari Idul Fitri 1444 H.

Kereta lokal dan Commuterline akan menjadi Transportasi Angkutan masal tujuan utama para pengguna transportasi umum.

Pada masa Angkutan Lebaran tahun ini, KAI Commuter memprediksi pengguna commuterline sebanyak 12.260.896 orang atau naik sebanyak 20 persen jika dibandingkan dengan tahun 2022 lalu yaitu sebanyak 10.175.996 orang. Sedangkan untuk volume pengguna KA Lokal Merak, diprediksi sebanyak 148.195 orang atau naik sebanyak 4 persen jika dibandingkan dengan tahun lalu yaitu sebanyak 148.195 orang.

Dapat disampaikan bahwa perjalanan KA Lokal Merak mulai tanggal 15 April s.d. 30 April hanya sampai dengan Stasiun Cilegon. Jumlah operasional kereta sebanyak 14 perjalanan dengan jam operasi dari pukul 05:02 WIB s.d. 21:46 WIB dari Stasiun Rangkasbitung menuju Staisun Cilegon dan sebaliknya.

Tentunya dengan kenaikan volume pengguna ini, KAI Commuter mengimbau kepada seluruh pengguna untuk tetap menjalankan protokol kesehatan dalam melakukan perjalanannya. Perkiraan4 tujuan pengguna selain untuk mudik adalah bersilaturahmi dan mengunjungi tempat wisata serta pusat perbelanjaan yang dekat4 dengan Stasiun.

Untuk operasional Kereta Bandara, terdapat 40 perjalanan dari dan menuju Stasiun4 Manggarai-Stasiun BNI City-Staisun Duri-Stasiun Batu Ceper-Staisun Basoetta dan arah sebaliknya. Terdapat promo tarif Rp 50.000,-4 untuk kereta bandara eksekutif. Sedangkan untuk jam operasionalnya mulai pukul 05:07 WIB s.d. 20.49 WIB.

Selama masa Angkutan  Lebaran ini untuk menjaga keamanan dan kenyamanan di wilayah Jabodetabek dan sekitarnya, KAI Commuter menyiapkan Petugas Keamanan dan Keselamatan sebanyak 31 personil, Petugas Pengamanan Stasioner sebanyak 2.334 personil, Petugas Pengawalan KA sebanyak 1.236 Personil, dan petugas gabungan dari TNI sebanyak 100 personil, dan petugas dari Polri sebanyak 40 personil.

KAI commuter juga mengimbau kepada pengguna commuterline dan kereta bandara serta KA Lokal agar untuk mematuhi aturan yang berlaku saat berpergian menggunakan kereta. 

Selalu menjaga barang bawaan dan memperhatikan jadwal perjalanannya. Untuk update informasi dapat dilihat di akun media sosial resmi @commuterline atau melalui kontak center 021-121.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper