Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pelindo Pastikan Terminal Penumpang Bandarmasih Siap Tampung Pemudik

Terminal Penumpang Bandarmasih sendiri merupakan salah satu pintu gerbang utama arus mudik di Kalimantan.
Ilustrasi - Pelabuhan Trisakti Banjarmasin, Kalimantan Selatan./Bisnis-Youtube
Ilustrasi - Pelabuhan Trisakti Banjarmasin, Kalimantan Selatan./Bisnis-Youtube

Bisnis.com, JAKARTA -  PT Pelabuhan indonesia (Persero) / Pelindo memastikan terminal Penumpang Bandarmasih siap menghadapi arus mudik Lebaran 2023. 

Direktur Utama Pelindo Arif Suhartono mengatakan persiapan terminal penumpang Bandarmasih untuk menghadapi arus mudik Lebaran tahun ini sudah cukup matang. 

Sistem keamanan dan kesiapan fasilitas terminal telah ditingkatkan untuk memberikan pelayanan terbaik bagi para penumpang. Koordinasi dengan berbagai stakeholder juga dilakukan, khususnya KSOP dan pihak pelayaran guna memastikan kelancaran pelayanan terhadap para penumpang. 

Pihaknya memastikan bahwa protokol kesehatan yang diterapkan sudah sesuai dengan standar yang ditetapkan pemerintah, seperti pemeriksaan suhu tubuh, penyediaan fasilitas cuci tangan dan kewajiban menggunakan masker bagi seluruh penumpang dan petugas terminal.

“Kami berharap dengan persiapan yang matang dan kerja keras dari seluruh tim, para penumpang dapat merasakan kenyamanan dan keamanan selama melakukan perjalanan mudik," ujar Arif dalam keterangan resmi dikutip pada Senin (17/4/2023) 

CEO Pelindo Sub Regional Kalimantan Fariz Hariyoso menambahkan  kinerja Pelindo Sub Regional Kalimantan pada kuartal 1/2023 ini cukup bagus, tercatat arus kapal pada mencapai 15.938 Unit, dan arus penumpang pada kuartal 1/2023  juga mencapai 151.452 orang.

Sementara khusus Terminal Penumpang Bandarmasih sendiri merupakan salah satu pintu gerbang utama arus mudik di Kalimantan, data arus mudik penumpang tahun 2022 menunjukkan sekitar 31.000 orang keluar masuk pelabuhan tersebut, dimana tahun ini jumlah penumpang diprediksi meningkat sekitar 15 persen dari trafik tahun lalu.

"Jika kami melihat tren arusnya dari tahun lalu, arus kapal dan penumpang cenderung meningkat dan perkirakan jumlah penumpang ini akan naik karena beberapa faktor, oleh karenanya pelabuhan ini harus bisa melayani pemudik senyaman mungkin. Kami akan terus memastikan kesiapan terminal dan memberikan pelayanan terbaik bagi para penumpang," jelas Fariz.

Dalam kunjungan ke Terminal tersebut , Arif juga kembali menentukan, fokus utama Pelindo pasca merger adalah transformasi operasional melalui standardisasi dan sistemisasi pelabuhan yang ditunjang dengan peningkatan kapabilitas SDM serta transformasi proses bisnis. 

Dia menilai hasil transformasi ini mulai terlihat setelah satu tahun merger berjalan, yakni dengan adanya peningkatan kinerja dan produktivitas di sejumlah pelabuhan.

“Saat ini program merger Pelindo sudah mulai berprogress dan tentunya masih banyak PR yang perlu diselesaikan. Oleh karena itu, saya selalu menyampaikan pentingnya perbaikan layanan secara berkelanjutan karena Pelindo itu adalah perusahaan servis,” tegas Arif.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Kahfi
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper