Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

BPS Ungkap Penyebab Kinerja Ekspor Indonesia Anjlok

Ekspor Indonesia anjlok lebih dari 11 persen secara tahunan pada Maret 2023.
Kegiatan bongkar muat di Pelabuhan Tanjung Priok, Sabtu (1/4)./JIBI-Nurul Hidayat
Kegiatan bongkar muat di Pelabuhan Tanjung Priok, Sabtu (1/4)./JIBI-Nurul Hidayat

Bisnis.com, JAKARTA – Badan Pusat Statistik (BPS) mengungkapkan penyebab merosotnya kinerja ekspor Indonesia yang anjlok sebesar 11,33 persen secara tahunan (year-on-year/yoy) menjadi US$23,5 miliar pada Maret 2023.

Deputi Bidang Metodologi dan Informasi Statistik BPS Imam Machdi menyampaikan turunnya ekspor Indonesia pada Maret lalu disebabkan sektor industri pengolahan, yang mengalami kontraksi sebesar 13,67 persen yoy.

“Penurunan ini memang antara lain disebabkan oleh sektor industri pengolahan yang memberikan kontribusi utama,” ujarnya dalam konferensi pers, Senin (17/4/2023).

Imam mengatakan bahwa penurunan di sektor industri pengolahan merupakan yang terdalam. Hal ini dikarenakan komponen dalam industri tersebut, yakni kelapa sawit mengalami stagnasi dalam nilai indeks komoditas.

“Hal ini juga dipengaruhi oleh kemampuan produksi atau demand dari negara-negara lain, maka dengan demikian industri pengolahan ini akan memberikan pengaruh yang cukup signifikan, terutama yang kita lihat dari komponen kelapa sawit,” tuturnya.

Selain industri pengolahan, BPS mencatat sektor lain dengan penurunan ekspor terdalam adalah pertanian, kehutanan, dan perikanan yang terkontraksi 12,03 persen yoy pada Maret 2023.

Adapun, sektor migas mencatatkan penurunan sebesar 4,76 persen yoy pada Maret lalu, sedangkan ekspor di sektor tambang dan lainnya merosot 4,63 persen dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu.

Meski demikian, secara bulanan atau month-to-month (mtm), kinerja ekspor Indonesia masih membukukan kenaikan sebesar 9,89 persen pada Maret 2023.

Perinciannya, nilai ekspor migas mencapai US$1,34 miliar atau naik 12,79 persen secara mtm, sementara ekspor nonmigas meraup US$22,16 miliar, meningkat 9,7 persen secara bulanan.

Imam menjelaskan bahwa kenaikan ekspor migas ditopang oleh minyak mentah yang meningkat 54,24 persen mtm dan hasil minyak naik sebesar 28,12 persen secara bulanan.

Sementara itu, kenaikan ekspor nonmigas dikontribusikan oleh sejumlah komoditas, antara lain bahan bakar mineral yang meningkat 14,29 persen mtm, logam mulia dan perhiasan melesat 93,04 persen mtm, serta bijih logam, perak, dan abu melonjak 52,28 persen mtm.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Dionisio Damara
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper