Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pertamina Prediksi Konsumsi BBM di Jateng Naik 29 Persen saat Lebaran

Pertamina memprediksi peningkatan konsumsi BBM di Jateng dan DIY akan terjadi pada jenis Pertalite dan Pertamax series saat Lebaran 2023.
Pengendara mengisi bahan bakar di SPBU, di Jakarta, Senin (9/4/2018)./JIBI-Dwi Prasetya
Pengendara mengisi bahan bakar di SPBU, di Jakarta, Senin (9/4/2018)./JIBI-Dwi Prasetya

Bisnis.com, JAKARTA - PT Pertamina (Persero) memproyeksikan peningkatan konsumsi bahan bakar minyak (BBM) di Jawa bagian tengah saat Lebaran 2023.

Executive General Manager Regional Jawa Bagian Tengah PT Pertamina Patra Niaga, Aji Anom Purwasakti, menjelaskan peningkatan konsumsi BBM akan terjadi pada jenis Pertalite dan Pertamax series.

“Selama periode Satgas Rafi 2023, tren konsumsi BBM wilayah Jateng dan DIY diestimasikan mengalami peningkatan. BBM jenis gasoline diprediksi naik 29 persen bila dibandingkan rata-rata harian norma Januari-Februari 2023 dari 12.733 kl menjadi 16.412 kl,” kata Aji dalam keterangan resminya, Selasa (11/4/2023).

Di sisi lain, untuk konsumsi BBM jenis gasoil diproyeksikan turun 1,7 persen dari normalnya 6.614 kl menjadi 6.504 kl. Penurunan ini disebabkan pada saat periode Idulfitri terjadi penurunan kegiatan industri.

Sementara itu, untuk konsumsi LPG Pertamina menyiagakan penambahan stok hingga 3,7 persen dibandingkan rata-rata konsumsi harian atau setara dengan lebih dari 4,46 metrik ton (MT) dari rata-rata normalnya 4,3 MT.

Untuk Avtur, wilayah Provinsi Jateng dan DIY mengalami kenaikan sebanyak 5,1 persen dari rata-rata harian normal sebanyak 243 kl menjadi 256 kl.

Sebagai antisipasi padatnya arus mudik lebaran yang menyebabkan kemacetan, Pertamina juga menyiapkan SPBU Kantong berupa mobil tangki yang disiagakan sebagai kantong/cadangan suplai BBM di titik-titik yang rawan dengan kemacetan. 

Puncak arus mudik sendiri diprediksi terjadi pada tanggal 19 April 2023, sedangkan puncak arus balik diprediksi terjadi pada 29 April 2023. Beberapa SPBU yang berada di beberapa lokasi strategis pun akan beroperasi selama 24 jam.

“Kami mengimbau bagi masyarakat yang hendak mudik dan berwisata agar mengisi tangki penuh di SPBU sebelum berangkat dan agar mempermudah menemukan SPBU terdekat saat perjalanan, masyarakat dapat menggunakan aplikasi MyPertamina atau menghubungi layanan kontak Pertamina Call Center 135,” ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Muhammad Ridwan
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper