Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kemenhub Imbau Maskapai Patok Tarif Murah untuk Lebaran 2023

Kementerian Perhubungan mengimbau maskapai penerbangan yang melayani rute domestik agar menerapkan tarif penumpang kelas ekonomi yang terjangkau
Penumpang pesawat berada di Terminal 3 Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Banten, Kamis (22/12/2022). Bisnis/Himawan L Nugraha
Penumpang pesawat berada di Terminal 3 Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Banten, Kamis (22/12/2022). Bisnis/Himawan L Nugraha

Bisnis.com, JAKARTA - Direktorat Jenderal Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan (Kemenhub) melalui surat resminya mengimbau maskapai penerbangan yang melayani rute domestik agar menerapkan tarif penumpang kelas ekonomi yang terjangkau bagi masyarakat, terutama saat periode Lebaran 2023.

Direktur Jenderal Perhubungan Udara M. Kristi Endah Murni mengatakan bahwa berdasarkan proyeksi yang telah dilakukan, puncak arus mudik Lebaran diprediksi terjadi pada 19 - 21 April 2023 dan puncak arus balik pada 24 - 25 April 2023.

"Memasuki masa libur Lebaran tentunya kebutuhan terhadap layanan jasa angkutan udara juga meningkat sehingga kami mengimbau kepada maskapai agar memperhatikan penerapan tarif penumpang kelas ekonomi yang terjangkau bagi masyarakat," ujar Kristi di Jakarta, Jumat (7/4/2023).

Menurutnya, seiring meningkatnya kebutuhan terhadap layanan angkutan udara, diperlukan pengaturan distribusi penumpang sehingga tidak hanya menumpuk pada puncak arus mudik dan puncak arus balik.

Untuk itu, sambung Kristi, penerapan tarif penumpang kelas ekonomi yang terjangkau jadi salah satu pilihan yang dapat dilakukan oleh maskapai dengan mempersiapkan promo harga tiket kelas ekonomi dengan tetap mengacu pada peraturan dan perundangan yang berlaku.

"Kemampuan daya beli masyarakat saat ini juga belum sebenuhnya pulih akibat pandemi Covid-19," tuturnya.

Sebelumnya, Menteri Pehubungan Budi Karya Sumadi juga meminta kepada maskapai untuk menjaga kenaikan harga tiket pesawat secara wajar selama masa angkutan mudik Lebaran 2023. 

"Kalau biasa maskapai mengandalkan tarif batas atas [TBA] kalau sekarang saya harapkan ya didiskon karena teman-teman kita di Indonesia Timur sangat tergantung dengan angkutan itu,” katanya usai Rapat Kerja dengan Komisi V DPR RI di Kompleks Parlemen, Selasa (4/4/2023).

Dia melanjutkan, pihaknya juga telah berdiskusi dengan para maskapai penerbangan terkait harga tiket pesawat selama mudik Lebaran.

Salah satu poin yang disebutkan Budi Karya adalah maskapai dapat memberi potongan harga untuk waktu-waktu keberangkatan yang dinilai nonpeak hour.

Upaya lain yang akan dilakukan Kemenhub untuk menjaga harga tiket pesawat adalah dengan memperpanjang waktu operasional bandara. Hal tersebut dilakukan agar rotasi pesawat bergerak lebih maksimal.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper