Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pendapatan Agung Podomoro (APLN) Melejit Tembus Rp8,6 Triliun

PT Agung Podomoro Land Tbk. (APLN) mencatat penjualan dan pendapatan usaha sebesar Rp8,66 triliun pada akhir 2022.
Proyek Neo Soho Podomoro City besutan PT Agung Podomoro Land Tbk. (APLN)
Proyek Neo Soho Podomoro City besutan PT Agung Podomoro Land Tbk. (APLN)

Bisnis.com, JAKARTA - Emiten properti, PT Agung Podomoro Land Tbk. (APLN) mencatat penjualan dan pendapatan usaha sebesar Rp8,66 triliun pada akhir 2022 atau meningkat 103,29 persen dibandingkan pada 2021 sebesar Rp4,26 triliun.

Corporate Secretary PT Agung Podomoro Land Tbk Justini Omas mengatakan terdapat sejumlah faktor yang berkontribusi terhadap pencapaian perusahaan pada periode tersebut, salah satunya pendapatan berulang dari segmen jasa perhotelan dan pusat perbelanjaan senilai Rp1,46 triliun atau naik 28,07 persen dibandingkan tahun sebelumnya Rp1,14 triliun.

"Kami berhasil mengoptimalkan kebijakan pemerintah untuk melonggarkan aktivitas masyarakat dengan kenaikan pendapatan dari segmen jasa perhotelan dan pusat perbelanjaan," kata Justini dalam keterangan resminya, Jumat (31/3/2023).

Faktor lainnya adalah kerja sama strategis antara APLN dengan Hankyu Hanshin Properties Corp (HHP) dalam pengelolaan Central Park Mall (CP Mall) melalui CPM Assets Indonesia (CPM). HHP melalui CPM Assets Japan LLC telah mengakuisisi CPM dan kini memegang 71,42 persen saham CPM sementara APLN sendiri masih menguasai 28,58 persen saham CPM.

"Selain itu, juga APLN membukukan pengakuan penjualan sebesar Rp7,20 triliun, naik 131,51 persen dari Rp3,11 triliun pada periode sama tahun lalu," imbuhnya.

Sejumlah langkah strategis yang dilakukan APLN sepanjang 2022 berhasil mendorong kinerja perusahaan makin solid. Hal ini juga terlihat dari perolehan laba kotor perusahaan yang melonjak 240,56 persen menjadi sebesar Rp4,87 triliun dari sebesar Rp1,43 triliun pada 2021.

Pihaknya juga mencatatkan laba komprehensif sebesar Rp2,07 triliun dibandingkan dengan rugi komprehensif sebesar Rp545,7 miliar pada 2021.

Justini menambahkan, penjualan properti APLN pada 2022 tetap menunjukkan hasil yang positif. Total penjualan pemasaran (marketing sales) diluar PPN mencapai sebesar Rp1,66 triliun.

Saat ini APLN memiliki dan mengoperasikan sejumlah hotel premium seperti Pullman Vimala Hills Ciawi, Pullman Grand Central Bandung dan Indigo Seminyak Bali. Adapun, pusat perbelanjaan yang dikelola APLN yaitu seperti Kuningan City, Senayan City, Baywalk, Emporium Pluit, Festival CityLink Bandung, Deli Park Medan, dan Plaza Balikpapan.

Sejumlah proyek properti yang sedang dikembangkan dan dibangun perusahaan seperti Podomoro Park Bandung, Bukit Podomoro Jakarta, Pakubowono Spring, Podomoro City Deli Medan, Podomoro Golf View dan Kota Podomoro Tenjo menjadi sumber utama penjualan pemasaran terbesar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper