Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Mulai Beroperasi Penuh 1 April, Segini Tarif Tol Becakayu

Jalan Tol Bekasi-Cawang-Kampung Melayu (Becakayu) akan beroperasi secara penuh mulai 1 April 2023. Segini tarif yang dipatok.
Presiden Jokowi resmikan tol Becakayu/Bisnis-Irene Agustine
Presiden Jokowi resmikan tol Becakayu/Bisnis-Irene Agustine

Bisnis.com, JAKARTA - PT Waskita Toll Road akan mulai mengoperasikan Jalan Tol Bekasi-Cawang-Kampung Melayu (Becakayu) secara penuh mulai 1 April 2023 setelah sebelumnya melakukan uji coba operasional pada ruas Jakasampurna-Marga Jaya.

Direktur Utama PT Kresna Kusuma Dyandra Marga Aris Mujiono mengatakan, dengan beroperasi secara penuh, Jalan Tol Becakayu dapat menjadi alternatif untuk menghindari kemacetan di jalan arteri wilayah Jakarta Timur dan Bekasi, pengguna jalan dapat mempersingkat waktu tempuh perjalanannya hingga 30 menit.

“Selain itu, Tol Becakayu juga dapat mengurai kepadatan lalu lintas dengan adanya akses koneksi dari arah Tanjung Priok menuju Bekasi dan sebaliknya,” ujar Aris melalui keterangan resminya, Kamis (30/3/2023).

Saat pengoperasian penuh, Jalan Tol Becakayu secara resmi akan memberlakukan tarif baru dengan sistem terbuka dengan empat zonasi tarif, yaitu Zona 1 dari Tol Wiyoto-Wiyono-Jatiwaringin dan sebaliknya sebesar Rp10.500 untuk Golongan I, Rp15.500 untuk Golongan II dan III, dan Rp20.500 Golongan IV dan V.

Sementara itu, tarif untuk Zona 2 dari Tol Wiyoto-Wiyono-Pondok Kelapa dan sebaliknya sebesar Rp16.000 untuk Golongan I, Rp23.500 Golongan II dan III, dan Rp31.500 Gol. IV dan V. Tarif untuk Zona 3 dari Tol Wiyoto-Wiyono-Jakasampurna dan sebaliknya adalah Rp22.500 untuk Golongan  I, Rp33.500  untuk Golongan II dan III, dan Rp44.500 Golongan IV dan V, serta Zona 4 dari Tol Wiyoto-Wiyono-Marga Jaya dan sebaliknya sebesar Rp28.500 Golongan I, Rp43.000 Golongan II dan III, dan Rp57.000 untuk Golongan IV dan V.

Direktur Portofolio dan Pengembangan Bisnis Waskita Toll Road Daniel F. Liman menyampaikan bahwa sebelumnya Tol Becakayu sudah dimulai pembangunannya oleh investor lain pada 1996. Namun, sempat terhenti hingga beberapa tahun kemudian.

“Pada 2014, Waskita Toll Road secara resmi mengakuisisi KKDM dan kemudian melanjutkan konstruksinya hingga beroperasi secara bertahap mulai 2017. Pengoperasian Jalan Tol Becakayu secara penuh di tahun ini merupakan salah satu capaian yang membanggakan bagi perseroan," ungkapnya.

Adapun, Jalan Tol Becakayu yang dibangun dengan konstruksi layang membentang dari wilayah Bekasi sampai wilayah Kampung Melayu dengan total panjang 16,78 km. Jalan Tol Becakayu juga terkoneksi dengan Jalan Tol Ir Wiyoto Wiyono MSc via Gerbang Tol Pisangan.

Saat ini, sebanyak tiga seksi sudah beroperasi yang terbagi menjadi Seksi 1A (Casablanca-Cipinang) sepanjang 3,5 km, Seksi 1B dan C (Cipinang-Jakasampurna) sepanjang 8,4 km, dan Seksi 2A & 2A Ujung (Jakasampurna-Marga Jaya) sepanjang 4,88 km. 

Dengan dioperasikannya Tol Becakayu perjalanan dari Bekasi ke Kampung Melayu dapat ditempuh menjadi lebih cepat hanya dalam waktu 20 menit--30 menit. Sebelumnya, jika melalui jalan non-tol, waktu tempuh dari Kota Bekasi menuju Jakarta sekitar 60 menit perjalanan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper