Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Piala Dunia U-20 Batal, Juaraga Terlanjur Produksi 53 Jenis Merchandise

Juaraga sebagai pemegang lisensi merchandise Piala Dunia U-20 Indonesia merasakan dampak besar dari pembatalan gelaran tersebut.
Trofi Piala Dunia U-20/FIFA
Trofi Piala Dunia U-20/FIFA

Bisnis.com, JAKARTA - PT Juara Raga Adidaya (Juaraga) sebagai pemegang lisensi merchandise Piala Dunia U-20 Indonesia merasakan dampak besar dari pembatalan gelaran tersebut.

CEO Juaraga, Mochtar Sarman, mengatakan pihaknya sudah terlanjur memproduksi 53 jenis merchandise, sebelum FIFA akhirnya mencabut status Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20.

Mochtar mengklaim, 53 jenis merchandise yang diproduksinya merupakan yang terbanyak dalam sejarah penyelenggaraan Piala Dunia U-20. Di antaranya, jersey, jaket, T-shirt, topi, sandal, gantungan kunci dan masih banyak lagi.

“Kami telah melaksanakan amanah ini dengan memproduksi 53 jenis merchandise, terbanyak dalam sejak penyelenggaraan Piala Dunia FIFA U-20,” tulis Mochtar dalam unggahan Instagramnya @mochtarsarman, dikutip Kamis (30/3/2023).

Piala Dunia U-20 yang rencananya bakal digelar pada 20 Mei - 11 Juni 2023 batal digelar di Indonesia. FIFA membatalkan status Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20, setelah Presiden FIFA, Gianni Infantino dan Presiden Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) Erick Thohir bertemu.

“FIFA telah memutuskan, karena keadaan saat ini, untuk membatalkan status tuan rumah Indonesia sebagai tuan rumah FIFA U-20 World Cup 2023,” demikian pernyataan di laman resmi FIFA, Rabu malam (29/3/2023).

Diakui Mochtar, pembatalan Piala Dunia U-20 di Indonesia berdampak besar terhadap perusahaannya dan juga mitra UMKM yang terlibat. 

Dia juga merasa sedih lantaran tidak bisa memberikan pengalaman merchandise yang diharapkan para penggemar. Apalagi, mereka sudah berkomitmen untuk menghasilkan merchandise berkualitas tinggi dan menarik untuk perhelatan olahraga ini. Kendati demikian, Juaraga telah menerima keputusan FIFA terkait pembatalan tersebut.

“Meskipun keputusan ini mengecewakan, kami tetap bangga telah ditunjuk langsung oleh FIFA sebagai pemegang lisensi merchandise resmi turnamen ini,” ujarnya.

Adapun, peluncuran merchandise sudah dilaksanakan pada awal Maret lalu, yang dihadiri oleh Ketua Umum PSSI, Erick Thohir.

“Peluncuran merchandise Juara adalah bagian dari kita untuk memeriahkan event terbesar kedua FIFA yaitu kejuaraan dunia U-20. Ayo segera viralkan,” ujar Erick, mengutip laman resmi PSSI, Kamis (30/3/2023).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Ni Luh Anggela
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper