Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler Hari Ini: Penjelasan Pesangon hingga Cuti di UU Cipta Kerja dan Toko Pakaian Bekas Digrebek

Ketentuan pesangon, upah minimum, dan cuti di UU Cipta Kerja serta toko pakaian bekas Pasar Senen menjadi topik terpopuler di Kanal Ekonomi Bisnis.com.
Ratusan buruh Serikat Buruh Sejahtera 1992 (SBSI 92) berunjuk rasa tolak RUU Cipta Kerja di Jalan Gerbang Pemuda, Jakarta, samping Gedung MPR/DPR, Kamis (8/10/2020). JIBI/Bisnis-Aprianus Doni Tolok
Ratusan buruh Serikat Buruh Sejahtera 1992 (SBSI 92) berunjuk rasa tolak RUU Cipta Kerja di Jalan Gerbang Pemuda, Jakarta, samping Gedung MPR/DPR, Kamis (8/10/2020). JIBI/Bisnis-Aprianus Doni Tolok

Bisnis.com, JAKARTA - Topik mengenai ketentuan pesangon, upah minimum, hingga cuti pekerja dalam UU Cipta Kerja masih menjadi perhatian pembaca.

Artikel mengenai penjelasan dari Kemenaker mengenai ketentuan tersebut menjadi berita terpopuler di Kanal Ekonomi Bisnis.com.

Berita mengenai tanggapan pengelola Pasar Senen, Jakarta terkait dengan penggerebekan sejumlah toko yang menjual pakaian bekas impor ilegal juga menjadi berita populer.

Berikut daftar selengkapnya 5 berita terpopuler di Kanal Ekonomi Bisnis.com:

1. Kemenaker Jawab Isu Pesangon Hingga Upah Minimum di UU Cipta Kerja

Kementerian Ketenagakerjaan (Kemenaker) akhirnya angkat bicara terkait pengesahan Perppu Cipta Kerja menjadi Undang-Undang oleh DPR RI pada Rapat Paripurna DPR ke-19 Masa Persidangan IV Tahun Sidang 2022-2023, Selasa (21/3/2023).

Melalui akun Instagram resminya, Kemenaker meluruskan sejumlah asumsi yang timbul pasca disahkannya Perppu Cipta Kerja menjadi UU Cipta Kerja.

2. Jualan 40 Tahun Tiba-Tiba Toko Pakaian Bekas Digrebek, Manajemen Pasar Senen Teriak

Pihak Manajemen Pasar Senen memberikan tanggapannya soal larangan importasi pakaian bekas dan barang bekas serta penggerebekan sejumlah toko di Pasar Senen oleh aparat penegak hukum (APH) pada Senin (20/3/2023) lalu.

Manager Area 01 Pasar Senen Yohanes Daramonsidi mempertanyakan mengapa pemerintah baru menerbitkan peraturan seperti ini setelah sekian lama praktik jual beli barang bekas impor berlangsung.

“Kalau kami dari sisi pengelola, tentunya kami harus tunduk dan taat pada aturan pemerintah, bahwa kalau memang aturan atau surat saat ini yang menyatakan kami harus tutup, maka kami akan melakukan penutupan,” Yohanes saat ditemui di area Pasar Senen Blok III pada Jumat (24/3/2023).

3. Toko Pakaian Bekas Impor Digerebek, Pengelola Pasar Senen Buka Suara

Pengelola Pasar Senen, Jakarta memberikan tanggapannya soal larangan importasi pakaian bekas dan barang bekas serta penggerebekan sejumlah toko di Pasar Senen oleh aparat penegak hukum (APH) pada Senin (20/3/2023) lalu.

Manager Area 01 Pasar Senen, Yohanes Daramonsidi mempertanyakan mengapa pemerintah baru menegakkan larangan impor pakaian bekas sekarang. Padahal, praktik jual beli barang bekas impor sudah berlangsung lama.

“Kalau kami dari sisi pengelola, tentunya kami harus tunduk dan taat pada aturan pemerintah, bahwa kalau memang aturan atau surat saat ini yang menyatakan kami harus tutup, maka kami akan melakukan penutupan,” kata Yohanes saat ditemui di area Pasar Senen Blok III pada Jumat (24/3/2023).

4. Ini Penjelasan Pertamina soal Anjloknya Investasi Kilang Balikpapan

Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) melaporkan anjloknya realisasi investasi pengerjaan Refinery Development Master Project (RDMP) Refinery Unit V Balikpapan sepanjang 2022.

Saat itu, realisasi investasi pengembangan kilang yang dikerjakan PT Kilang Pertamina Internasional (KPI) hanya mencapai US$137 juta atau setara dengan Rp2,07 triliun (asumsi kurs Rp15.143 per US$).

Torehan itu hanya mengambil porsi 11,9 persen dari target awal investasi yang dipatok US$1,15 miliar atau setara dengan Rp17,41 triliun sepanjang tahun lalu.

5. Kapal BBM Pertamina Terbakar di Perairan Mataram, 3 ABK Dilaporkan Tewas

Kapal MT Christin yang mengangkut bahan bakar minyak (BBM) milik Pertamina terbakar di tengah perairan laut tidak jauh dari Terminal BBM Ampenan Kota Mataram, Nusa Tenggara Barat, Minggu (26/3/2023) sekitar pukul 15.30 WITA.

Humas Kantor SAR Mataram, I Gusti Lanang Wiswananda, membenarkan bahwa pihaknya telah menerima informasi adanya kebakaran kapal pengangkut BBM Depo Pertamina di Kampung Bugis, Kota Mataram.

"Kami mendapat laporan dari salah seorang warga bernama Dady Sukmawan yang kebetulan lagi di rumah orang tuanya di Kampung Bugis Ampenan yang dekat dengan lokasi kejadian," ujarnya di Mataram, Minggu (26/3/2023).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper