Cari berita
Bisnis.com

Konten Premium

Bisnis Plus bisnismuda Koran Bisnis Indonesia tokotbisnis Epaper Bisnis Indonesia Konten Interaktif Bisnis Indonesia Group Bisnis Grafik bisnis tv

Stok Beras Perum Bulog Saat Ini 280.000 Ton, Buka Kemungkinan Impor?

Stok beras Bulog saat ini ada 282.000 ton, sedangkan setiap bulan harus dikeluarkan sebanyak 200.000 ton untuk konsumsi masyarakat.
Ni Luh Anggela
Ni Luh Anggela - Bisnis.com 17 Maret 2023  |  15:50 WIB
Stok Beras Perum Bulog Saat Ini 280.000 Ton, Buka Kemungkinan Impor?
Beras Bulog. - JIBI/Dwi Prasetya

Bisnis.com, JAKARTA - Sisa cadangan beras pemerintah atau CBP dan beras komersil di gudang Perum Bulog tersisa 280.000 ton.

Hal tersebut diungkapkan Direktur Utama Perum Bulog Budi Wasesodi Pasar Kramat Jati, Jakarta Timur, Jumat (17/3/2023).

“Stok beras Bulog saat ini ada 282.000 ton, ini untuk kebutuhan yang sekarang,” kata Buwas, Jumat (17/3/2023).

Kepala Badan Pangan Nasional (Bapanas) Arief Prasetyo Adi menambahkan, stok beras yang ada di gudang Bulog tersebut merupakan CBP dan beras komersil. Adapun per bulannya, Perum Bulog harus menggelontorkan sebanyak 200.000 ton beras untuk konsumsi masyarakat.

“Kami harus hitung karena beras di Bulog hari ini angkanya itu  280.000 ton yang CBP plus komersial, sehingga Bulog itu sebulan bisa 200.000 ton untuk stabilisasi,” ujarnya.

Perlu diketahui, Bapanas menargetkan Perum Bulog untuk menyerap produksi beras dalam negeri saat panen raya sebanyak 2,4 juta ton. Sebanyak 1,2 juta ton akan digunakan sebagai CBP dan sisanya untuk penugasan lain, termasuk bantuan sosial (bansos) pangan yang akan disalurkan pada bulan ini.

Perum Bulog memastikan, pihaknya dapat memenuhi target yang diberikan Bapanas. Caranya, dengan menyerap 70 persen selama panen raya dari 2,4 juta ton yang ditargetkan, dan sisanya, diserap pada panen gaduh.

Sebagai informasi, panen gaduh merupakan periode kedua atau yang dilakukan di akhir tahun, yang terjadi berturut-turut pada Juli, Agustus, September, dan Oktober dengan hasil panen cenderung lebih sedikit dibandingkan saat awal tahun.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Harga Beras impor beras Stok Beras produksi beras Beras Bulog Bulog perum bulog
Editor : Kahfi

Artikel Terkait



Berita Lainnya

    Berita Terkini

    back to top To top