Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Silicon Valley Bank (SVB) Bangkrut, Berikut Daftar Perusahaan yang Terkena Dampaknya

Perusahaan-perusahaan apa saja yang menyimpan uangnya dan terdampak kebangkrutan Silicon Valley Bank?
Logo Silicon Valley Bank (SVB). Source: Bloomberg.
Logo Silicon Valley Bank (SVB). Source: Bloomberg.

Bisnis.com, JAKARTA – SVB Financial Group atau Silicon Valey Bank, bank yang berfokus pada startup, pekan lalu lalu menjadi bank terbesar yang mengalami kegagalan sejak krisis keuangan 2008.

Dilansir Reuters pada Rabu (15/3/2023), kebangkrutan SVB mengguncang sistem keuangan global dan mendorong pihak regulator untuk turun tangan mengatasi dampak tersebut.

Bangkrutnya SVB juga menimbulkan ketakutan tersendiri pada kenaikan suku bunga yang dapat mengekspos kerentanan pada aspek ekonomi global.

SVB sendiri merupakan bank yang fokus kepada startup. Berikut beberapa daftar perusahaan di seluruh dunia yang memiliki simpanan di SVB:

 

Amerika Serikat

Perusahaan di Amerika Serikat mengungkapkan ada sekitar US$5 miliar deposito dan berbagai fasilitas kredit dengan bank.

Roblox

Roblox, perusahaan game online mengatakan bahwa pada 28 Februari, sekiranya 5 persen dari saldo kas dan sekuritas senilai US$3 miliar, atau sekitar US$150 juta disimpan di bank tersebut.

Roku

Produsen perangkat streaming ini mengatakan bahwa mereka memiliki sekitar US$487 juta, atau 26 persen dari kas yang disimpan di SVB.

Buzzfeed

Perusahaan yang bergerak di media digital ini mengatakan bahwa mereka memiliki kurang lebih US$56 juta dalam bentuk tunai yang disimpan di SVB.

Sunlight Financial Holding INC

Penyedia pembiayaan tenaga surya mengungkapkan bahwa sebagian besar kas perusahaan, yaitu US$64 juta dari US$73,2 juta ada di SVB pada 10 Maret.

Acuityads Holding INC

Perusahaan teknologi yang berbasis di Kanada itu mengatakan mempertahankan rekening bank AS dengan SVB yang berjumlah US$55 juta dalam bentuk deposito.

Astra Space INC

Perusahaan pembuat roket mengatakan uang tunai disimpan di deposito dengan SVB, dengan jumlah sekitar 15 persen dari uang tunai, setara kas, dan surat berharga perusahaan saat ini, pada 10 Maret.

Cohu INC

Perusahaan pembuat produk semikonduktor ini mengatakan memiliki rekening deposito di SVB dengan saldo kurang lebih US$12,3 juta, yaitu sekitar 3,8 persen dari total kas dan investasi perusahaan.

Rocket Lab USA INC

Pada 31 Desember, perusahaan pembuat roket itu memiliki rekening deposito di SVB dengan saldo sekitar US$38 juta, atau sekitar 7,9 persen dari total kas dan setara kas perusahaan serta surat berharga.

Alkami Technology INC

Penyedia solusi perbankan digital mengungkapkan memiliki rekening deposito di SVB dengan saldo sekitar US$3,3 juta, bersama dengan sekitar US$8,3 juta dalam rekening "sweep" yang digunakan oleh SVB untuk membeli aset eksternal.

Sewing Repair

Perusahaan yang bergerak pada layanan penataan gaya online mengatakan pihaknya mengantisipasi batas kredit US$40 juta dengan SVB tidak akan tersedia karena keruntuhan bank.

 

Eropa

Ada beberapa perusahaan teknologi dan ilmu kehidupan di Eropa yang mengungkapkan bahwa ada sekitar $190 juta dampak SVB di Inggris dan Amerika Serikat.

Trustpilot Group PLCs

Perusahaan Denmark, yang menjalankan platform tinjauan global, mengatakan SVB UK adalah mitra perbankan utamanya, dengan $36 juta disimpan di bank dan saat ini ada sebesar  $18 juta yang sedang ditransfer SVB UK, tetapi masih menunggu konfirmasi.

Diaseutics

Perusahaan teknologi dan solusi untuk industri farmasi ini memiliki sebagian besar dari 22,2 juta pound dalam bentuk tunai di akun SVB dan mencoba memindahkan uangnya sebelum penutupan SVB tetapi transaksinya tertunda.

Zealand Pharmacy

Perusahaan pengembang obat Denmark memiliki simpanan sebesar 162,6 juta mahkota Denmark ($23,4 juta) di SVB.

Pharming Group NV

Perusahaan biofarmasi mengatakan memiliki simpanan $26 juta di SVB A.S. Mereka berharap tidak menganggung kerugian pada simpanannya.

Kinnevik AB

Perusahaan investasi yang berbasis di Swedia mengatakan bagian pro rata deposito SVB berjumlah kurang dari $20 juta.

Alecta

Dana pensiun Swedia, pemegang saham SVB sejak 2019, memiliki sekitar 1.200 miliar.

 

Asia Pacific

Nitro Software

Pembuat perangkat lunak produktivitas Australia Nitro Software Ltd mengatakan bahwa mereka mempunyai sekitar US$12,18 juta dari cadangan kas globalnya yang disimpan di SVB.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper