Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler Hari Ini: Sikap PPATK soal Transaksi Janggal Rp300 T dan Obral Insentif IKN

Transaksi janggal Rp300 triliun di Kemenkeu dan insentif untuk investor di IKN menjadi topik terpopuler di Kanal Ekonomi Bisnis.com.
Logo PPATK/Ilustrasi
Logo PPATK/Ilustrasi

Bisnis.com, JAKARTA - Berita mengenai sikap PPATK terkait dengan transaksi janggal Rp300 triliun di Kementerian Keuangan menjadi berita paling populer di Kanal Ekonomi Bisnis.com.

Diberitakan PPATK belum memberikan penjelasan setelah hampir satu minggu Menkopolhukam Mahfud MD menyampaikan transaksi janggal tersebut. Bahkan, Menkeu Sri Mulyani sudah meminta penjelasan PPATK.

Kemudian ada juga artikel mengenai sederet insentif dari pemerintah untuk menarik minat investor dalam berinvestasi di Ibu Kota Nusantara (IKN).

Berikut daftar selengkapnya 5 berita terpopuler di Kanal Ekonomi Bisnis.com:

1. Ditantang Sri Mulyani soal Transaksi Janggal Rp300 T, PPATK Bergeming

Hampir satu minggu, Menkopolhukam Mahfud MD menguak adanya transaksi janggal Rp300 triliun di Kementerian Keuangan (Kemeneku).

Namun, belum ada penjelasan dari Pusat Pelaporan dan Analis Transaksi Keuangan (PPATK) terkait hal ini meskipun Menkeu Sri Mulyani sudah memintanya.

Diketahui, PPATK memberikan laporan terkait transaksi yang masuk dalam pencucian uang tersebut kepada Mahfud, selaku Ketua Tim Pengarah Tindak Pidana Pencucian Uang (TPPU).

2. Menanti Masuknya Investasi Jumbo di IKN Usai Jokowi Obral Insentif

Sejumlah strategi dilancarkan pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) guna menarik minat investor menanamkan modalnya di Ibu Kota Nusantara (IKN).

Strategi yang dilakukan pemerintah mulai dari jemput bola mempromosikan peluang investasi, hingga yang terbaru memberikan sederet insentif untuk investor di IKN.

Langkah tersebut dilakukan karena sekitar 80 persen pendanaan untuk pembangunan IKN akan mengandalkan dari pihak swasta dan hanya 20 persen yang akan dipenuhi dari APBN.

3. Mudik Gratis Kemenhub 2023 Resmi Dibuka, Ada 24.072 Kuota

Direktorat Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan (Kemenhub) membuka program mudik gratis moda bus Angkutan Lebaran 2023.

Sebanyak 28 kota tujuan dibuka untuk program mudik gratis tahun ini. Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kemenhub Hendro Sugiatno menjelaskan pihaknya menyiapkan kuota sebanyak 24.072 penumpang pada program mudik gratis tahun ini.

"Kami membuka kuota 18.528 penumpang untuk arus mudik dan 5.544 penumpang untuk arus balik," katanya dalam Konferensi Pers Mudik Gratis Angkutan Lebaran 2023, Senin (13/3/2023).

4. Depo Plumpang dan Problematika Serupa di Banyak Daerah

Peristiwa kebakaran yang terjadi di Depo Plumpang di Jakarta Utara milik PT Pertamina (Persero), seolah membuka mata publik mengenai problematika yang telah lama terpendam di sektor tata ruang dan wilayah.

Pada Jumat (3/3/2023) malam sekitar pukul 20.00 WIB peristiwa memilukan terjadi. Sebab, pada saat itu sebuah ledakan terjadi akibat terbakarnya Depo Terminal BBM Plumpang di Jakarta Utara.

Ketua RT 05/RW 01, Rawa Badak Utara, Jakarta Utara yakni Djumadi bercerita tentang dampak dari terbakarnya Depo Plumpang tersebut. Menurutnya, sebanyak 8 rumah di wilayahnya mengalami kerusakan dan 4 orang warganya tewas pada peristiwa tersebut

5. Bansos 2023 Cair, Cek Penerima di cekbansos.kemensos.go.id

Laman cekbansos.kemensos.go.id merupakan laman resmi pemerintah untuk mengecek penerima manfaat bantuan sosial (bansos).

Selama Covid-19 tahun 2021-2022, pemerintah menggencar penyaluran bansos kepada masyarakat. Kendati demikian, bansos masih dijanjutkan untuk tahun 2023 ini.

Bahkan penerima bansos diperkenankan ikut Progam Kartu Prakerja yang sebelumnya pada 2021-2022 tidak diperbolehkan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper