Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

AP I Gandeng PT JAS Optimalkan Bisnis Kargo Bandara Ngurah Rai

AP I dan PT JAS bekerja sama untuk mengoptimalkan bisnis kargo Bandara Ngurah Rai Bali.
Bandara Ngurah Rai Bali. / Dok. Istimewa
Bandara Ngurah Rai Bali. / Dok. Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA - PT Angkasa Pura I atau AP II menggandeng PT Jasa Angkasa Semesta (JAS) Tbk. untuk mengoperasikan Terminal Kargo dan Pos Internasional Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali.

Direktur Utama AP I Faik Fahmi menyatakan kerja sama ini ditujukan untuk mengoptimalkan bisnis dan operasional kargo di Bandara I Gusti Ngurah Rai.

"Kerja sama ini merupakan bagian dari transformasi terminal kargo yang ditujukan untuk meningkatkan efisiensi dan mengoptimalkan bisnis kargo, yang pada akhirnya berbanding lurus terhadap efektivitas layanan kargo, peningkatan cargo throughput dan pendapatan," ujarnya dalam siaran pers, Sabtu (11/3/2023).

Dia menambahkan saat ini Bandara I Gusti Ngurah Rai merupakan bandara yang merupakan tulang punggung perusahaan dari sisi trafik penumpang dan pesawat udara. Melalui kerja sama ini, diharapkan dapat makin mengakselerasi pertumbuhan trafik kargo udara di Bali, utamanya kargo internasional.

Melalui kerja sama ini, PT JAS akan mengoptimalkan bisnis kargo melalui transformasi teknologi, keandalan dalam bisnis jaringan layanan kargo (network cargo business) melalui sistem penanganan kargo semi-otomatis atau semi-automatic warehouse system.

Komisaris Utama PT JAS Marsekal TNI (Purn.) Herman Prayitno menuturkan akan mengimplementasikan JAS Control Center sebagai pusat kendali untuk memantau dan mengontrol seluruh kegiatan operasional di terminal kargo dan pos dengan memanfaatkan tekonologi digital.

Selain itu, Centralized Customer Service untuk meningkatkan kualitas layanan pelanggan, serta fasilitas gudang pendingin atau cold storage sebanyak 2 unit untuk mempertahankan kesegaran dan kualitas produk.

Adapun, untuk meningkatkan standar keamanan, PT JAS menyediakan 3 unit x-ray dengan teknologi Dual View serta 72 unit CCTV yang tersebar di Terminal Kargo dan Pos Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali.

Sebagai informasi, sepanjang 2022 Bandara I Gusti Ngurah Rai mencatatkan trafik kargo sebesar 36.229 ton, dengan rincian 22.955 ton kargo domestik dan 13.273 ton kargo internasional.

Total trafik kargo pada 2022 mengalami pertumbuhan sebesar 15,7 persen dibandingkan trafik kargo pada 2021 yang sebesar 31.319 ton kargo.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper