Cari berita
Bisnis.com

Konten Premium

Bisnis Plus bisnismuda Koran Bisnis Indonesia tokotbisnis Epaper Bisnis Indonesia Konten Interaktif Bisnis Indonesia Group Bisnis Grafik bisnis tv

Daftar 7 Proyek PSN Investasi Jumbo, Tembus Rp70 Triliun!

Bisnis.com merangkum daftar 7 proyek PSN investasi jumbo yang dicatat oleh Kemenkeu. Salah satunya ada yang tembus Rp70 triliun.
Annasa Rizki Kamalina
Annasa Rizki Kamalina - Bisnis.com 11 Maret 2023  |  20:00 WIB
Daftar 7 Proyek PSN Investasi Jumbo, Tembus Rp70 Triliun!
Kawasan Industri Terpadu Batang (KITB) yang menjadi salah satu proyek strategis nasional atau PSN dengan investasi jumbo. - Bisnis/M. Faisal Nur Ikhsan

Bisnis.com, JAKARTA – Kementerian Keuangan (Kemenkeu) mencatat ada 7 proyek strategis nasional atau PSN yang mencatat nilai investasi jumbo, bahkan ada yang hingga Rp70 triliun.

Proyek PSN tersebut dapat rampung dibangun menggunakan dana dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara atau APBN maupun skema Kerjasama Pemerintah dengan Badan Usaha (KPBU).

Sebagai mana fungsinya, APBN merupakan instrumen yang dipergunakan untuk kesejahteraan masyarakat Indonesia, salah satunya berupa infrastruktur.

Melalui APBN, masyarakat dapat menikmati hasil pembangunan utamanya yang termasuk dalam PSN.

Adapun, untuk 2023, Kementerian Keuangan telah mengalokasikan anggaran sebesar Rp392,1 triliun untuk infrastruktur, mulai dari jalur kereta api, hingga PSN.

Berikut daftar 7 PSN dengan nilai investasi terbesar pada 2022.

Daftar 7 Proyek PSN Investasi Jumbo:

1. Pelabuhan Terminal Kijing 

Pelabuhan Kijing di Kabupaten Mempawah, Kalimantan Barat, memiliki kapasitas bongkar muat peti kemas 500.000 TEUs dan curah 8 juta ton.

PSN dengan nilai investasi Rp2,9 triliun ini menjadi Pelabuhan berstandar internasional terbesar di Kalimantan.

2. Central-West Java Transmission Line 

PSN dengan nilai investasi mencapai Rp7,6 triliun ini akan mengalirkan listrik sebesar 500 kilovolt (KV) yang dihasilkan di Jawa Tengah ke load center Jakarta.

3. Kawasan Industri Terpadu Batang

Kawasan Industri Terpadu Batang (KITB) diproyeksikan akan mampu menciptakan lapangan kerja untuk sekitar 250.000 orang di daerah Jawa Tengah dengan total nilai investasi mencapai Rp13,3 triliun.

Halaman:
  1. 1
  2. 2

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

proyek strategis nasional (PSN) investasi kemenkeu
Editor : Rio Sandy Pradana

Artikel Terkait



Berita Lainnya

    Berita Terkini

    back to top To top