Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Progres Terbaru Proyek MRT Jakarta Fase 2A Senilai Rp25,3 Triliun

Pembangunan Stasiun Thamrin dan Monas pada konstruksi fase 2A MRT Jakarta telah mencapai 53,03 persen hingga 25 Februari 2023.
Kereta Moda Raya Terpadu (MRT) melintas di Stasiun Asean, Jakarta, Minggu (4/12/2022). Bisnis/Himawan L Nugraha
Kereta Moda Raya Terpadu (MRT) melintas di Stasiun Asean, Jakarta, Minggu (4/12/2022). Bisnis/Himawan L Nugraha

Bisnis.com, JAKARTA – Pembangunan Stasiun Thamrin dan Monas pada konstruksi fase 2A MRT Jakarta telah mencapai 53,03 persen hingga 25 Februari 2023. Total proyek ini mencapai Rp25,3 triliun.

Dalam keterangan resmi perusahaan, Sabtu (4/3/2023), Manajemen MRT Jakarta memaparkan pembangunan Stasiun Monas telah masuk ke tahap pekerjaan pengecoran tangga akses darurat, gardu induk, pemotongan kingpost stasiun, dan pengecoran kolom stasiun.

Selain itu, termasuk pemasangan OTE Duct, pengeboran secant pile untuk launching shaft box jacking entrance Jalan Museum, dan pekerjaan pembesian dinding menara ventilasi.

Adapun, di Stasiun Thamrin pekerjaan yang tengah dilakukan meliputi penggalian dan pengecoran roof slab di sisi selatan dan utara stasiun.

"MRT Jakarta juga sedang membangun D-Wall di sisi barat bagian intersection Jalan M.H. Thamrin — Jalan Kebon Sirih, dan jet grouting di sisi utara stasiun," jelas Manajemen MRT Jakarta dikutip dari siaran persnya, Sabtu (4/3/2023).

Hingga 25 Februari 2023, mesin bor terowongan 1 (TBM-1) telah berhasil mencapai Stasiun Bundaran HI dan sedang persiapan menembus dinding (breakthrough).

Sementara itu, mesin bor terowongan 2 (TBM-2) telah memulai pekerjaan pembangunan terowongan northbound menuju Stasiun Harmoni dan telah berhasil membangun sepanjang 16,5 meter atau sekitar 10 ring segmen.

Selanjutnya, untuk pengerjaan segmen CP 202 atau Stasiun Harmoni — Sawah Besar — Mangga Besar telah mencapai 10,47 persen per 25 Februari 2023.

Pengerjaan segmen ini meliputi proteksi dan relokasi utilitas, konstruksi halte sementara Transjakarta, pemasangan small bridge sebagai jembatan penyeberangan orang (JPO) di Sawah Besar dan Mangga Besar, serta pekerjaan secondary beam dan steel deck untuk canal decking.

Manajemen MRT Jakarta juga melaporkan progres pekerjaan pada segmen CP 203 yang meliputi Stasiun Glodok dan Kota telah mencapai 28,28 persen. Pekerjaan di Stasiun Glodok meliputi galian station box dan rop slab. Adapun, di Stasiun Kota pekerjaan meliputi fabrikasi mesin bor terowongan dan fabrikasi rebar cage untuk D-Wall.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Halaman
  1. 1
  2. 2
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper