Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Menhub ke Jepang, Bahas Proyek Patimban hingga MRT Jakarta

Menhub Budi Karya akan melakukan kunjungan kerja ke Jepang untuk membahas sejumlah proyek transportasi seperti Patimban hingga MRT Jakarta.
Rangkaian kereta moda raya terpadu (MRT) melintas di Stasiun MRT Asean, Jakarta, Rabu (11/1/2023). Bisnis/Arief Hermawan P
Rangkaian kereta moda raya terpadu (MRT) melintas di Stasiun MRT Asean, Jakarta, Rabu (11/1/2023). Bisnis/Arief Hermawan P

Bisnis.com, JAKARTA – Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi akan membawa sejumlah rencana proyek transportasi seperti Pelabuhan Patimban hingga MRT Jakarta dalam kunjungannya ke Jepang mulai Selasa (28/2/2023) besok hingga Rabu (1/3/2023) mendatang.

Berdasarkan keterangan resmi dari Kementerian Perhubungan (Kemenhub) pada Senin (27/2/2023), Budi Karya mengatakan Indonesia - Jepang memiliki hubungan bilateral yang sudah terjalin baik. Dia berharap kunjungannya dapat berdampak positif bagi upaya penguatan kerja sama kedua negara, terutama di sektor transportasi.

Budi Karya dijadwalkan akan menyaksikan penandatanganan perjanjian kesepakatan pembiayaan (Loan Agreement) proyek pembangunan Proving Ground di Balai Pengujian Laik Jalan dan Sertifikasi Kendaraan Bermotor (BPLJSKB), Bekasi, antara konsorsium pemenang proyek yaitu Indonesia International Automotive Proving Ground (IIAPG) dengan Governor of Japan Bank for International Cooperation (JBIC).

Proyek Proving Ground berstandar internasional tersebut menjadi salah satu proyek prioritas yang dikerjasamakan antara kedua negara. Pembangunan proyek ini ditargetkan akan dimulai pada tahun ini. 

“Kehadiran fasilitas ini diharapkan dapat meningkatkan daya saing industri otomotif nasional, meningkatkan aspek keselamatan kendaraan bermotor, mendukung percepatan terwujudnya ekosistem kendaraan listrik atau Electric Vehicle (EV), serta mendukung upaya penurunan emisi kendaraan bermotor di Indonesia,” jelas Budi Karya dalam siaran pers, Senin (27/2/2023).

Selain proving ground, sejumlah proyek infrastruktur transportasi yang akan dibahas dalam kunjungan kerjanya adalah Pelabuhan Patimban, dan kelanjutan proyek pembangunan MRT Jakarta, serta kereta semi cepat Jakarta - Surabaya.

Lebih lanjut, Budi Karya juga akan menemui beberapa pejabat pemerintahan seperti Penasihat Perdana Menteri Jepang Masafumi Mori dan sejumlah pihak dari Japan International Cooperation Agency (JICA). Dia juga akan menemui pelaku – pelaku bisnis di Negeri Matahari Terbit itu seperti Toyota Tsusho Corporation, JBIC, Marubeni, dan lainnya.

Selain itu, Budi Karya juga dijadwalkan akan menghadiri undangan dari salah satu asosiasi perdagangan terbesar di Jepang yaitu Keidanren, yang menggelar kegiatan Japan-Indonesia Economic Committee of Keidanren Event. DIa akan menjadi pembicara kunci pada forum bisnis terbesar di Jepang yang akan dihadiri oleh sejumlah pelaku bisnis yang menjadi anggota forum.

Selain Budi Karya, turut menjadi pembicara dalam kegiatan ini adalah Wakil Ketua DPR RI/Koordinator Bidang Industri dan Pembangunan (Korinbang) Rachmat Gobel, Dirjen Cipta Karya Kementerian PUPR Diana Kusumastuti, dan Deputi Bidang Pengembangan Regional Bappenas Himawan Hariyoga Djojokusumo.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper