Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Jumlah PHK 2022 Hampir 1 Juta, Apindo: Tahun Ini Bakal Sama

Apindo memperkirakan jumlah karyawan yang kena PHK bakal menyamai realisasi pada 2022 yang mencapai 1 juta.
Ilustrasi PHK karyawan. /adweek.com
Ilustrasi PHK karyawan. /adweek.com

Bisnis.com, JAKARTA - Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) memperkirakan jumlah karyawan yang kena pemutusan hubungan kerja (PHK) pada tahun ini bakal menyamai realisasi 2022 yang mencapai 1 juta orang.

Wakil Ketua Umum Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Shinta W. Kamdani menyebut, badai PHK masih akan terus berlanjut pada tahun ini.

“PHK tahun ini mungkin paling tidak angkanya sama dengan tahun lalu,” kata Shinta kepada wartawan saat ditemui usai acara peresmian LSP HII Apindo dan LSP MSDM Apindo, Kamis (23/2/2023). 

Dia menyebut, sepanjang 2022, setidaknya ada 1 juta karyawab yang tercatat kehilangan pekerjaannya berdasarkan data dari Badan Penyelenggara Jaminan Kesehatan BPJS.

Sepanjang Januari hingga November tahun lalu BPJS mencatat, jumlah orang yang mencairkan bantuan Jaminan Hari Tua (JHT) dengan klaim menerima PHK adalah sebanyak 919.071 orang.

Shinta menilai penyebab badai PHK ini adalah kondisi perekonomian global yang masih ada dalam ketidakpastian. Salah satunya akibat perang Rusia - Ukraina yang masih terus berlanjut dan berdampak pada penurunan permintaan ekspor yang drastis pada industri padat karya.

Dia menuturkan hal tersebut membuat industri padat karya melakukan pemangkasan pekerja pada 2022. Kendati demikian saat ini geliat perekonomian sudah mulai meningkat.

“Kini kondisi ekonomi global tidak seburuk yg dikatakan sebelumnya jadi mungkin saja ada perbaikan-perbaikan terutama di ekonomi negara maju yang sudah mulai kelihatan,” tutur Shinta.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Widya Islamiati
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper