Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Badan Otorita IKN Perlu Cari Cara Yakinkan Calon Investor

Badan Otorita Ibu Kota Nusantara (IKN) perlu cari cara meyakinkan investor untuk mulai berinvestasi.
Proyek Jalan Lingkar Sepaku di IKN. Badan Otorita IKN perlu segera mencari cara untuk meyakinkan calon investor berinvestasi di kawasan tersebut. - Dok. Kementerian PUPR.
Proyek Jalan Lingkar Sepaku di IKN. Badan Otorita IKN perlu segera mencari cara untuk meyakinkan calon investor berinvestasi di kawasan tersebut. - Dok. Kementerian PUPR.

Bisnis.com, JAKARTA — DPR meminta Badan Otorita Ibu Kota Nusantara (IKN) segera merealisasikan investor dalam berinvestasi di kawasan calon ibu kota baru tersebut.

Anggota Komisi XI DPR RI Bertu Merlas mendorong Badan Otorita Ibu Kota Nusantara (IKN) mencari cara dalam meyakinkan investor untuk mulai berinvestasi di kawasan calon ibu kota baru tersebut.

Hal ini disampaikannya mengingat belum adanya kucuran anggaran pendapatan dan belanja negara (APBN) yang diterima lantaran belum tibanya Daftar Isian Penggunaan Anggaran (DIPA) 2023 dari pemerintah pusat ke badan otorita.

“Saya kira kalau APBN tentunya melalui tahapan. Ada tahapan yang harus kita lalui sehingga anggaran itu bisa meluncur. Tetapi, kalau swasta, tidak ada APBN, tidak ada tahap yang harus dilalui. Kalau bosnya ok, bosnya yakin, itu bisa langsung meluncur kapan saja, tinggal bagaimana [cara] Bapak meyakinkan investor-investor ini untuk memulai dari investasi di IKN ini sendiri,” ujar Bertu dalam keterangan resmi, Senin (6/2/2023).

Sebelumnya, Politisi Partai Kebangkitan Bangsa itu juga menyebutkan saat ini IKN masih dalam tahapan perencanaan. Dia kemudian mengaitkan kondisi tersebut dengan metode manajemen empat langkah berkelanjutan yang kerap digunakan untuk memecahkan masalah bisnis.

“Kalau di manajemen itu ya pak, ada plan-do-action-check. Sampai sekarang yang saya lihat [pembangunan IKN] baru plan aja belum do karena sampai sekarang juga seperti yang Bapak sampaikan bahwa DIPA juga belum ada, uangnya juga belum ada. Nah, bagaimana Bapak bisa menyelesaikan [target] 559 hari lagi ini?” tanyanya.

Pada kesempatan yang sama, Bertu juga memberikan masukan mengenai cara meyakinkan investor terhadap rencana IKN ini. Dia menyarankan agar Badan Otorita perlu berkoordinasi juga dengan Kementerian-PU karena menurutnya instansi tersebut juga memiliki anggaran yang ditujukan pembangunan IKN.

“Ini sebagai masukan saja dari saya bahwa Bapak juga harus berkoordinasi dengan Kementerian-PU. Bahwa di situ juga ada anggaran untuk memulai [pembangunan IKN]. Jadi sudah nampak dulu pemerintah ini serius baru para investor ini yakin untuk memulai dari proses pembangunan di ibu kota negara ini,” tutur Anggota Badan Anggaran DPR RI itu.

Sebelumnya, Kepala Otorita IKN Bambang Susantono mengatakan saat ini DIPA tahun 2023 belum juga tiba. Padahal, saat ini pihak Otorita telah memiliki bagian yang berwenang untuk mengurus anggaran. Otorita IKN telah mengajukan anggaran sebesar Rp650 miliar dan telah disetujui oleh Kemenkeu.

Pada tahap pertama ini akan diterima sekitar Rp250 miliar untuk membiayai program dukungan manajemen dan program kawasan pengembangan strategis.

“Sebagai institusi baru, cukup yang penting bagi kami adalah jangan sampai terlalu lama organisasi ini tanpa DIPA, Pak. Anggaran mungkin ada tapi DIPA-nya belum ada ini,” ujar Kepala Otorita IKN.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper