Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pastikan Bahan Baku B35 Mencukupi, Aprobi: Produksi Kami 17,5 Juta Kiloliter

Asosiasi Produsen Biofuel Indonesia (Aprobi) siap memenuhi pasokan kebutuhan bahan baku B35 yang akan mulai diimplementasikan 1 Februari 2023.
Petugas memperlihatkan contoh bahan bakar biodiesel saat peluncuran Road Test Penggunaan Bahan Bakar B30 (campuran biodiesel 30% pada bahan bakar solar) pada kendaraan bermesin diesel, di Jakarta, Kamis (13/6/2019)./Bisnis-Abdullah Azzam
Petugas memperlihatkan contoh bahan bakar biodiesel saat peluncuran Road Test Penggunaan Bahan Bakar B30 (campuran biodiesel 30% pada bahan bakar solar) pada kendaraan bermesin diesel, di Jakarta, Kamis (13/6/2019)./Bisnis-Abdullah Azzam

Bisnis.com, JAKARTA - Asosiasi Produsen Biofuel Indonesia (Aprobi) memastikan mampu mencukupi kebutuhan biodiesel sebesar 13,15 juta kiloliter (kl) untuk implementasi program mandatori campuran biodiesel ke minyak solar 35 persen atau B35 pada 2023.

Ketua Harian Aprobi Paulus Tjakrawan mengatakan, kebutuhan biodiesel tersebut akan tercukupi karena kapasitas produksi biodiesel oleh industri saat ini sudah mencapai 17,5 juta kiloliter. Kapasitas produksi itu ke depannya akan terus bertambah.

“Produksi kita 17,5 juta kl dan alokasi 13 juta kl. Jadi 75 persen dari kapasitas produksi. Teorinya cukup. Tapi kapasitas sebanyak ini sudah 17 tahun kita tingkatkan. Tahun 2023, 2024 akan bertambah terus kapasitas volumenya,” ujar Paulus dalam diskusi Implementasi B35 di Kantor Kemenko Perekonomian, Jakarta pada Selasa (31/1/2022).

Dia mengatakan, pihaknya sudah menjalankan produksi biodiesel sejak 17 tahun lalu. Meski begitu, dia mengungkapkan, terdapat banyak tantangan dalam pengimplementasiannya. Misalnya, kata dia, saat ini dalam pencampuran fatty acid methyl ester (FAME) atau biodiesel dengan solar masih dilaksanakan di kapal-kapal.

“Secara rutin mengevaluasi dan mencari jalan agar bisa efektif dan efisien. Misalnya, kita berencana menggunakan tangki di darat jadi tidak terapung. Lalu, pengiriman dari industri sampai ke tujuan, itu tidak mudah. Angkutan ini lama waktunya. Kemungkinan terjadinya penguapan air sangat besar,” ungkap Paulus.

Lebih lanjut, menurutnya, dalam implementasi program biodiesel ini, fasilitas penyangga harus terus diperbaiki dan stok bahan baku harus terus ditingkatkan.

“Jangan kehabisan. Kemudian kualitas, kita akan memperbaiki kualitas kita, kandungan airnya misalnya, stabilas oksidasi sekarang 11 jam, sebelumnya 10 jam,” katanya.

Dalam kesempatan yang sama, Deputi Bidang Pangan dan Agribisnis Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian Musdhalifah Machmud mengatakan, penerapan program B35 akan menyerap 13,15 juta kl biodiesel dalam setahun.

“Pelaksanaan mandatori B35 telah diawali dengan kerja sama sangat baik dari seluruh pemangku kepentingan yang tercermin dari kesuksesan uji coba pada 2022 lalu. Volume penyaluran biodiesel yang akan diserap B35 diperkirakan akan mencapai 13,15 juta kl,” katanya.

Penerapan B35 yang merupakan campuran 35 persen bahan bakar nabati berbasis minyak kelapa sawit ke dalam bahan bakar minyak (BBM) solar mulai 1 Februari 2023 diharapkan dapat menciptakan lapangan kerja baru.

Di samping itu, penerapan kebijakan ini diharap dapat mengurangi emisi gas rumah kaca dan menghemat devisa negara yang biasanya digunakan untuk membeli energi dari luar negeri.

Menurut Musdhalifah, saat ini lahan perkebunan di Indonesia seluas 16,3 juta hektare ditanami oleh kelapa sawit dengan 16 juta penduduk bergantung kepada industri tersebut.

“Selain menghimpun dana pungutan ekspor produk kelapa sawit, kita juga melakukan pengelolaan dana dan menyalurkannya kembali untuk perbaikan sektor perkebunan kelapa sawit. Kami pun mengelola dana sesuai arahan komite dengan tetap menjaga prinsip kehati-hatian,” ucapnya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper