Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

KAI: Jalur KA Makassar-Parepare Mulai Uji Coba Terbatas

Pembangunan kereta api Makassar-Parepare saat ini sudah mencapai 110 kilometer, terbentang dari Kabupaten Maros hingga perbatasan Kabupaten Barru.
Ilustrasi rel kereta api.
Ilustrasi rel kereta api.

Bisnis.com, JAKARTA - PT Kereta Api Indonesia (Persero) menyatakan kesiapannya dalam mengoperasikan jalur Kereta Api (KA) Makassar-Parepare di Sulawesi Selatan.

VP Public Relations KAI Joni Martinus mengatakan saat ini KA Makassar-Parepare tengah dalam tahap uji coba terbatas. Pembangunan kereta api di Sulawesi Selatan saat ini sudah terbangun kurang lebih 110 kilometer, terbentang dari Kabupaten Maros hingga perbatasan Kabupaten Barru.

Sementara itu, jalur yang sudah beroperasi adalah angkutan penumpang dengan uji coba terbatas di lintas Garongkong sampai Mangilu. Joni mengatakan proyek Kereta Api Makassar-Parepare merupakan bagian dari jaringan kereta api Trans Sulawesi yang akan menghubungkan Makassar sampai dengan Manado.

Pembangunan jalur kereta api juga sedang dilakukan oleh Pemerintah melalui Direktorat Jenderal Perkeretaapian Kementerian Perhubungan dan PT Celebes Railway Indonesia sebagai operator prasarana secara paralel.

“PT KAI siap mendukung pengoperasian KA Makassar-Parepare yang merupakan salah satu Proyek Strategis Nasional,” jelas Joni dikutip dari keterangan resmi, Senin (30/1/2023).

Joni melanjutkan, saat ini PT KAI sedang menyiapkan sarana berupa dua rangkaian kereta penumpang dan sumber daya manusia guna mendukung pengoperasian kereta tersebut seperti masinis, Customer Service on Train, dan Teknisi Kereta Api.

Adapun, PT KAI membentuk kemitraan bersama PT Sulsel Citra Indonesia (Perseroda) dengan nama Konsorsium Kereta Api Sulsel yang bertugas menyelanggarakan kereta api perintis lintas Makassar-Parepare.

Penugasan ini berdasarkan penunjukan oleh Kementerian Perhubungan Direktorat Jenderal Perkeretaapian kepada Konsorsium Kereta Api Sulsel melalui Surat Nomor: 153/LLA.KA/VI/2022 pada 27 Juni 2022.

“KAI siap menjalankan amanah yang diberikan oleh pemerintah dalam menjalankan transportasi kereta api yang aman, efisien, dan ramah lingkungan di Sulawesi Selatan,” ujar Joni.

Hadirnya layanan kereta api di luar Pulau Jawa dan Sumatera merupakan bentuk pemerataan pembangunan yang dilakukan oleh pemerintah. KAI melalui Konsorsium Kereta Api Sulsel siap memberikan layanan angkutan kereta api yang aman dan nyaman bagi seluruh masyarakat Sulawesi Selatan.

KAI juga telah menandatangani Nota Kesepahaman dengan Universitas Hasanuddin pada 3 Juni 2022 tentang Penelitian dan Pengembangan Ilmu Pengetahuan serta Pendidikan dan Pelatihan Sumber Daya Manusia.

Melalui kolaborasi tersebut, KAI dan Unhas melakukan kajian, studi, dan evaluasi yang diperlukan untuk memastikan kereta api dapat beroperasi secara berkelanjutan di Sulawesi Selatan, baik dari segi angkutan penumpang maupun barang.

“Penugasan untuk mengoperasikan KA Makassar-Parepare ini merupakan amanah yang penting karena jalur ini merupakan pembuka transportasi kereta api kawasan Indonesia Timur yang pertama. KAI berkomitmen melaksanakan penugasan sesuai dengan Good Corporate Governance sehingga betul-betul bisa memenuhi harapan seluruh stakeholder.” tutup Joni.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper