Cari berita
Bisnis.com

Konten Premium

Bisnis Plus bisnismuda Koran Bisnis Indonesia tokotbisnis Epaper Bisnis Indonesia Konten Interaktif Bisnis Indonesia Group Bisnis Grafik bisnis tv

MRT Fase 4 Digarap Mulai 2024, Investor Korsel Berminat Masuk

Investor asal Korea Selatan disebutkan telah menandatangani memorandum of intent untuk berinvestasi ke proyek MRT Fase 4
Lorenzo Anugrah Mahardhika
Lorenzo Anugrah Mahardhika - Bisnis.com 25 Januari 2023  |  21:56 WIB
MRT Fase 4 Digarap Mulai 2024, Investor Korsel Berminat Masuk
Rangkaian kereta moda raya terpadu (MRT) melintas di Stasiun MRT Asean, Jakarta, Rabu (11/1/2023). Bisnis - Arief Hermawan P
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – PT MRT Jakarta (Perseroda) akan mendorong skema pendanaan kerja sama pemerintah dan badan usaha (KPBU) dalam pengembangan MRT Fase 4 dengan rute Fatmawati – Kampung Rambutan. Perusahaan juga telah menerima ketertarikan dari investor asal Korea Selatan terhadap proyek ini.

Direktur Utama MRT Jakarta Tuhiyat memaparkan skema KPBU akan digunakan guna mengurangi beban yang akan dikeluarkan oleh pemerintah pusat. Adapun, saat ini pengembangan MRT Fase 4 tengah berada di tahap evaluasi studi kelayakan yang dilakukan oleh pemerintah.

Dia melanjutkan, perusahaan juga telah menerima ketertarikan dari Korea Selatan dalam pengembangan proyek ini. Tuhiyat menjelaskan, calon investor dari Negeri Ginseng tersebut telah melakukan studi kelayakannya sendiri.

“Ada mitra kita dari Korea Selatan yang membuat studi terkait MRT Fase 4 yang kemudian di-submit ke Kementerian Perhubungan. Atas dasar itu kita bikin memorandum of intent yang menyatakan keseriusan pihak tersebut,” jelasnya saat ditemui di Head Office MRT Jakarta, Rabu (25/1/2023).

Adapun, pengembangan MRT Fase 4 diproyeksikan membutuhkan dana sekitar Rp17 triliun – Rp20 triliun. Tuhiyat menuturkan, pihaknya membuka peluang sebesar – besarnya kepada para calon investor yang berminat masuk ke proyek ini.

Proyek MRT Fase 4 akan terbentang dari Fatmawati hingga Kampung Rambutan dengan panjang lintasan sekitar 10,9 kilometer. Rute tersebut nantinya akan memiliki 10 stasiun pemberhentian yang seluruhnya berada di bawah tanah atau fully underground.

Tuhiyat mengatakan proyek MRT Fase 4 diharapkan telah masuk fase groundbreaking pada 2024 mendatang. Pihak MRT Jakarta akan mendorong pengerjaan MRT Fase 4 dan MRT Fase 3 Balaraja – Cikarang secara paralel.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

mrt pt mrt jakarta kementerian perhubungan proyek mrt proyek infrastruktur
Editor : Novita Sari Simamora
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top