Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Update Pembangunan Jalan di IKN, Ada yang Sudah Rampung!

Kementerian PUPR telah merampungkan pembangunan 3 segmen Jalan Lingkar Sepaku di IKN.
Proyek Jalan Lingkar Sepaku di IKN - Dok. Kementerian PUPR.
Proyek Jalan Lingkar Sepaku di IKN - Dok. Kementerian PUPR.

Bisnis.com, JAKARTA - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) telah merampungkan pembangunan 3 segmen Jalan Lingkar Sepaku untuk mendukung konektivitas menuju Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP) Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara.

Ketua Satuan Tugas (Satgas) Pelaksanaan Pembangunan Infrastruktur IKN, Danis Hidayat Sumadilaga, mengatakan saat ini telah selesai pekerjaan segmen 1, 2, dan 3 sepanjang 5,7 km dan sisanya segmen 4 masih dalam tahap konstruksi.

Pembangunan Jalan Lingkar Sepaku dilaksanakan Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional (BBPJN) Kalimantan Timur terdiri atas 4 segmen.

Segmen 1 sepanjang 1,75 km dengan biaya APBN sebesar Rp66,6 miliar selesai Januari 2023, Segmen 2 sepanjang 1,85 km selesai November 2022 dengan nilai Rp56,6 miliar, dan Segmen 3 sepanjang 2,17 km senilai Rp63,9 miliar.

“Untuk Segmen 1,2,dan 3 saat ini sudah PHO (Provisional Hand Over). Selanjutnya Segmen 4 sudah pekerjaan konstruksi ditargetkan selesai Mei 2024,” kata Danis dalam keterangan resminya, Rabu (25/1/2023).

Danis menambahkan, selain Jalan Lingkar Sepaku, saat ini tengah dibangun Jalan Sumbu Kebangsaan sisi Barat sepanjang 2,99 km dan Jalan Sumbu Kebangsaan sisi Timur sepanjang 2,96 km.

Untuk Jalan Sumbu Kebangsaan sisi barat sudah dalam tahap konstruksi sejak September 2022 dan ditargetkan selesai April 2024, sedangkan untuk Jalan Sumbu Kebangsaan sisi timur sudah terkontrak dan segera dibangun dengan target rampung Juni 2024.

Kementerian PUPR juga tengah membangun Jalan Tol Akses IKN yang tersambung dengan Jalan Tol Balikpapan-Samarinda, tepatnya di KM 11.

Saat ini tengah diselesaikan Tol akses IKN Segmen 3A Karangjoang-KKT Kariangau sepanjang 12,66 km, Segmen 3B KKT Kariangau-Simpang Tempadung sepanjang 7,32 km, dan Segmen 5A Simpang Tempadung-Jembatan Pulau Balang.

"Pembangunan ketiga jalan tol ini merupakan bagian dari jaringan jalan menuju Ibu Kota Negara yang ditargetkan selesai 2024," jelasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News


Penulis : Muhammad Ridwan
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper