Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Lampaui Target, Sandiaga: Devisa Pariwisata 2022 Capai US$4,26 Miliar

Sandiaga Uno menyebut devisa pariwisata pada 2022 mencapai US$4,26 miliar atau 3 kali lipat dari target pemerintah.
Menparekraf Sandiaga Uno / Kemenparekraf
Menparekraf Sandiaga Uno / Kemenparekraf

Bisnis.com, JAKARTA - Menteri Perekonomian dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Uno, mengatakan perolehan devisa di sektor pariwisata pada 2022 melampaui target yang ditetapkan pemerintah.

Menparekraf yang akrab disapa Sandi itu memaparkan bahwa pada 2022 batas atas target perolehan devisa pariwisata dipatok US$1,71 miliar. Dia menuturkan menjelang pengujung tahun 2022, realisasi tersebut telah melampaui target.

"Target nilai devisa yang di atas optimis US$1,71 miliar, capaian sampai November US$4,26 miliar atau 3 kali lipat dari target," kata Sandi dalam rapat kerja dengan Komisi X DPR, Rabu (25/1/2023).

Sandi menambahkan, untuk perolehan sementara target kontribusi PDB pariwisata hingga November telah mencapai target 3,6 persen.

Sementara itu, target lainnya terkait dengan nilai ekspor produk ekonomi kreatif yang ditargetkan US$25,33 miliar, per November baru mencapai US$24,8 miliar.

Dia menambahkan, capaian lainnya adalah nilai tambah ekonomi kreatif telah mencapai Rp1.236 triliun. Selain itu, target peringkat travel and tourism development indeks pada 2022 telah melampaui target dengan realisasi pada peringkat 32.

Dari sisi kunjungan wisatawan, Sandi menjelaskan realisasi jumlah kunjungan wisatawan Nusantara (Wisnus) per November telah mencapai 637 juta perjalan.

"Kunjungan wisatawan mancanegara di batas atas 3,6 juta kita per November telah melampaui 4,58 juta. Ini kenaikan hampir 150 persen dari target," jelasnya.

Kemenparekraf mencatat jumlah tenaga kerja pariwisata hingga November telah mencapai 22,89 juta tenaga kerja dari target 21,64 juta tenaga kerja.

Sementara itu, jumlah tenaga kerja ekonomi kreatif yang ditargetkan 22,29 juta tenaga kerja telah mencapai 23,98 juta tenaga kerja pada November 2022.

Sementara itu, Wakil Menteri Parekraf (Wamenparekraf), Angela Tanoesodibjo, memaparkan bahwa target perolehan devisa pariwisata pada tahun ini berkisar US$2,07 miliar hingga US$5,95 miliar.

"Nilai devisa targetnya kita proyeksikan akan mencapai US$2,07 miliar sampai US$5,95 miliar," kata Angela dalam rapat kerja dengan Komisi X DPR, Rabu (25/1/2023).

Angela menambahkan untuk target kontribusi PDB pariwisata pada 2023 mencapai 4,10 persen, sedangkan nilai ekspor produksi ekspor ekonomi kreatif mencapai US$26,46 miliar.

Pada 2023, jumlah kunjungan wisatawan mancanegara ditargetkan sebanyakan 3,4 juta orang pada batas bawah dan 7,4 juta orang wisatawan mancanegara pada batas atas.

Di sisi lain, untuk target kunjungan wisatawan Nusantara pada tahun ini ditargetkan 1,2 miliar mobilisasi sampai dengan 1,4 miliar mobilisasi wisatawan Nusantara.

Sementara itu, untuk target nilai tambah ekonomi kreatif ditargetkan mencapai Rp12,79 triliun. Kemenparekraf menargetkan peringkat travel and tourism development indeks dapat mencapai peringkat 29–34 pada tahun ini.

"Target tenaga kerja pariwisata 21,93 juta, dan target tenaga kerja ekonomi kreatif 22,59 juta orang tenaga kerja ekraf," ungkapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Muhammad Ridwan
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper