Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kura-Kura Bali Resmi Jadi KEK Pariwisata, Investasi Rp104 Trilliun

Kawasan Kura-Kura Bali resmi jadi Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) pariwisata dan serap investasi Rp104 triliun.
Wisata air terjun/Pemprov Bali
Wisata air terjun/Pemprov Bali

Bisnis.com, JAKARTA – Dewan Nasional Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) resmi menetapkan Kura-Kura Bali di Pulau Serangan, Denpasar, Bali, menjadi KEK Pariwisata dengan proyeksi nilai total investasi sebesar Rp104 triliun. 

Menteri Koordinator bidang Perkonomian Airlangga Hartarto yang juga bertanggung jawab sebagai Ketua Dewan Nasional KEK menyampaikan pada Sidang Dewan Nasional KEK resmi menetapkan Kura-Kura Bali menjadi KEK Pariwisata baru melalui pengembangan marina dan resort. 

“Pada kesempatan tersebut juga disepakati pembentukan KEK baru yaitu KEK Kura-Kura Bali (KKB) yang berlokasi di Pulau Serangan, Denpasar, Bali,” tulisnya dalam keterangan resmi, Kamis (12/1/2023). 

Melalui pengembangan tersebut, diproyeksikan nilai total investasi sebesar Rp104 triliun untuk 30 tahun ke depan dengan penyerapan lapangan kerja sebanyak 35.000 pekerja langsung dan 64.000 pekerja tidak langsung. 

Dia menuturkan pembentukan KEK Kura-Kura Bali juga sebagai upaya dalam mengamankan devisa negara sebesar US$31,8 miliar atau setara Rp487 triliun (asumsi kurs Rp15.328 per dolar AS). 

Dengan bertambahnya KEK Kura-Kura Bali, maka jumlah KEK saat ini resmi menjadi 20 titik, yaitu terdiri dari 10 KEK Industri dan 10 KEK Pariwisata. 

Sementara itu, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin sebelumnya telah mengajukan Kura-Kura Bali menjadi KEK Pariwisata yang akan menjadi suatu Kawasan yang akan dihuni sekitar 50.000 orang. 

Pembentukan KEK KKB juga diharapkan menjadi upaya dalam menciptakan 4,4 juta lapangan kerja pada 2024 mendatang. Pasalnya, pertumbuhan ekonomi Bali membutuhkan investasi dan membutuhkan terobosan-terobosan yang mengacu kepada tiga pilar yaitu pertama keberlanjutan atau sustainability.

"Kedua, konsep edukasi. Ketiga aspek wellness, health, juga beberapa terobosan yang akan membawa investasi berkelas dunia untuk berinvestasi di kawasan ekonomi khusus Kura Kura Bali," kata Sandiaga beberapa waktu lalu. 

Sementara itu, berdasarkan laporan Dewan Nasional KEK, realisasi investasi pada 2022 sebesar Rp113,2 triliun dari nilai komitmen sejumlah Rp214 triliun.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper