Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Ini Cara Bos Garuda Pertahankan Status Maskapai Paling On-Time Sedunia

PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk (GIAA) berhasil menjadi maskapai dengan predikat paling on-time di dunia sepanjang 2022.
Karyawan melakukan perawatan pesawat milik PT Garuda Indonesia di dalam hanggar di Bandara Internasional Soekarno-Hatta di Cengkareng, Banten, Kamis (30/6/2022). Bloomberg/ Dimas Ardian
Karyawan melakukan perawatan pesawat milik PT Garuda Indonesia di dalam hanggar di Bandara Internasional Soekarno-Hatta di Cengkareng, Banten, Kamis (30/6/2022). Bloomberg/ Dimas Ardian

Bisnis.com, JAKARTA – Konsistensi dalam pelayanan operasional menjadi salah satu resep utama PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk. (GIAA) meraih predikat sebagai maskapai dengan ketepatan waktu terbaik di dunia pada 2022.

Direktur Utama Garuda Indonesia Irfan Setiaputra mengatakan, pencapaian tersebut merupakan wujud konsistensi GIAA dalam memaksimalkan kinerja dan kualitas layanannya. Hal ini terutama melalui tingkat ketepatan waktu sebagai esensi utama dari kepercayaan masyarakat terhadap sebuah layanan penerbangan.

"Di tengah dinamika industri penerbangan, khususnya selama 3 tahun terakhir, kami percaya konsistensi terhadap kualitas layanan penerbangan merupakan fundamental utama yang perlu dijaga. Hal ini akan terus kami kedepankan sejalan dengan misi transformasi kinerja perusahaan yang akan kami akselerasikan ke depannya,” jelas Irfan dikutip dari siaran pers, Rabu (11/1/2023).

Irfan berharap capaian tingkat ketepatan waktu ini dapat terus kami jaga dengan baik seiring dengan momentum pemulihan industri pariwisata yang hingga saat ini terus dioptimalkan. 

Upaya ini dilakukan melalui koordinasi secara intensif serta mengoptimalkan lini layanan operasional bersama seluruh pemangku kepentingan agar dapat selalu mengedepankan operational excellence terhadap seluruh pengguna jasa.

Dia melanjutkan, pencapaian ini membangkitkan optimisme perusahaan untuk terus menghadirkan layanan penerbangan terbaik bagi masyarakat secara menyeluruh mulai dari aspek layanan, safety, hingga kualitas ketepatan waktu. 

Hal ini sejalan dengan upaya GIAA untuk mengakselerasikan berbagai langkah transformasi kinerja, yang diselaraskan dengan komitmen untuk menghadirkan konektivitas udara secara optimal.

Lebih lanjut, Irfan menyampaikan apresiasi kepada seluruh pengguna jasa Garuda Indonesia yang turut memberikan kontribusi terhadap capaian tersebut, dengan selalu melakukan rangkaian proses pre-flight termasuk check-in dan boarding tepat waktu. Hal ini turut menunjang kelancaran dan ketepatan jadwal penerbangan hingga tiba di tempat tujuan.

“Kami menyadari segala capaian yang kami raih tentunya tidak terlepas dari dukungan seluruh stakeholders, karyawan, dan pengguna jasa Garuda Indonesia. Karena itu, capaian ini akan terus menjadi motivasi kami untuk senantiasa memberikan kontribusi positif bagi masyarakat, khususnya dalam menghadirkan layanan penerbangan yang aman, nyaman, dan tepat waktu,” tutup Irfan.

Sebelumnya, berdasarkan laporan Punctuality League 2023 yang dikeluarkan OAG Aviation, maskapai penerbangan pelat merah tersebut memiliki tingkat ketepatan atau On Time Performance (OTP) sebesar 95,63 persen sepanjang 2022.

Catatan tersebut mengalahkan maskapai – maskapai penerbangan lain, seperti Eurowings dengan OTP sebesar 95,26 persen, All Nippon Airways (ANA) dengan tingkat ketepatan waktu 88,79 persen, dan Emirates dengan OTP sebesar 81,13 persen.

“Meski demikian, Garuda Indonesia hanya mengoperasikan sekitar 25 persen dari total penerbangan yang dimiliki pada 2019,” demikian kutipan laporan tersebut.

Perolehan tersebut lebih baik dibandingkan dengan catatan GIAA pada tahun 2019 lalu dengan OTP 95,01 persen dan menempati peringkat ke 2. Sementara itu, Garuda Indonesia juga mencatatkan tigkat pembatalan (cancellation rate) sebesar 0,61 persen.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper