Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Izin Pabrik Baterai Britishvolt dan Group Bakrie Masuk Tahap Final

Menteri Investasi/BKPM Bahlil Lahadalia mengungkapkan progres izin pembangunan pabrik baterai Britishvolt dan anak usaha Group Bakrie.
Perakitan baterai untuk mobil listrik/ Bloomberg
Perakitan baterai untuk mobil listrik/ Bloomberg

Bisnis.com, JAKARTA – Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia menyampaikan proses perizinan investasi pembangunan pabrik baterai kendaraan listrik Britishvolt dan Group Bakrie telah masuk ke tahap final. 

British Volt merupakan startup manufaktur dan pengembang teknologi baterai kendaraan listrik rendah karbon. Dengan menggandeng anak usaha Group Bakrie, PT VKTR Teknologi Mobilitas, nilai investasi Britishvolt diproyeksikan mencapai US$2 miliar pada 2027.

“Menyangkut Britishvolt memang betul investasi dari Inggris akan masuk juga ekosistem EV [electric vehicle] baterai dan sudah masuk. Sekarang izinnya sudah tahap finalisasi, lokasinya juga Insyaallah sudah hampir clear,” ujarnya Rabu (11/1/2023). 

Bahlil menyebutkan bahwa tidak hanya Inggris, komitmen investasi pabrik baterai kendaraan listrik di Indonesia juga dihuni oleh LG Energy Solution asal Korea Selatan dan Contemporary Amperex Technology atau CATL dari China. 

Selain itu, lanjutnya, ada juga BASF dan Volkswagen dari Jerman, kemudian ada nama Foxconn yang berasal dari Taiwan. Bahlil mengatakan seluruh nama-nama tersebut telah berkomitmen menanamkan investasinya di Tanah Air. 

Berdasarkan pemberitaan Bisnis pada awal Desember 2022, Presiden Joko Widodo menyatakan bahwa Indonesia memiliki potensi besar terkait dengan pembuatan baterai kendaraan listrik. 

Menurut Presiden, Indonesia tercatat memiliki 60 persen bahan baku produksi baterai listrik, kecuali lithium. Dengan seluruh potensi yang dimiliki, Jokowi meyakini hal tersebut menjadi daya tarik bagi investor untuk membangun pabrik kendaraan listrik di Indonesia. 

“Siapapun yang ingin bangun mobil listrik sepeda motor listrik kendaraan listrik, akan ke sini karena lebih efisien semua barangnya ada, tembaganya ada bauksitnya chasis untuk mobil badan pesawat semua ada di sini,” kata Jokowi di Rapimnas Kadin 2022 awal Desember 2022. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper