Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Ekonomi Singapura 2022 Tumbuh 3,8 Persen, di Atas Perkiraan Pemerintah

Roda ekonomi Singapura pada 2022 tumbuh 3,8 persen. Capaian tersebut di atas perkiraan pemerintah.
Patung Merlion di Singapura
Patung Merlion di Singapura

Bisnis.com, JAKARTA - Ekonomi Singapura atau produk domestik bruto (PDB) tercatat tumbuh 3,8 persen sepanjang 2022. Capaian tersebut berada di atas perkiraan pemerintah yang hanya sebesar 3,5 persen.

Data tersebut membuat pemulihan Singapura bertahan pada 2022, dengan kinerja akhir tahun yang relatif kuat menopang ekonomi menjelang perlambatan global yang diharapkan tahun ini.

"Produk domestik bruto tumbuh 3,8 persen sepanjang tahun, menurut perkiraan awal Selasa dari Kementerian Perdagangan dan Industri. Itu sedikit mengalahkan dari proyeksi pemerintah untuk ekspansi tahunan 3,5 persen," tulis laporan seperti dikutip dari Bloomberg, Selasa (3/1/2023).   

Kinerja ekonomi Singapura yang lebih baik dari perkiraan mengikuti ekspansi PDB 2,2 persen dalam tiga bulan hingga Desember 2022 dari tahun sebelumnya (year-on-year/yoy). Ekonomi Negeri Singa tersebut juga tumbuh 0,2 persen kuartal terakhir dari tiga bulan sebelumnya (quarter-to-quarter/qtq). 

Data tersebut memungkiri risiko mendasar dalam ekonomi Singapra yang bergantung pada perdagangan global. Meski demikian, ekspor Singapura menurun pada bulan November 2022, dengan tren penurunan yang berlanjut pada 2023 karena ekonomi dunia melambat di tengah kebijakan moneter yang lebih ketat.

Singapura sebelumnya memperkirakan bahwa ekspor, yang lebih dari satu setengah kali PDB pulau itu, akan turun 2 persen pada 2023 dalam skenario terburuk dan membukukan pertumbuhan nol dalam skenario terbaik. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper