Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Intip Perhitungan Tarif Sewa Ruang Pertemuan Hotel Berbintang di Jakarta

Harga menjadi faktor terpenting bagi konsumen ketika memilih hotel sebagai tempat meeting, incentives, conferences, exhibition (MICE).
Resepsionis hotel sedang melayani calon konsumen./Ilustrasi-Bisnis-Amri Nur Rahmat
Resepsionis hotel sedang melayani calon konsumen./Ilustrasi-Bisnis-Amri Nur Rahmat

Bisnis.com, JAKARTA - Harga atau tarif sewa menjadi salah satu faktor utama konsumen ketika memilih hotel sebagai tempat meeting, incentives, conferences, exhibition (MICE).

Merujuk Colliers Radar Report, harga menjadi faktor terpenting karena setiap penyelenggara baik itu dari segmen perusahaan, pemerintah, lembaga maupun individu memiliki anggaran yang telah ditetapkan.

Umumnya, setiap hotel akan menawarkan harga paket untuk gelaran meeting yang beragam. Di antara kelas hotel yang sama, biasanya harga sewa yang ditawarkan pun hampir serupa.

Untuk diketahui, hotel yang memasarkan ruang besar untuk disewakan biasanya jenis hotel berbintang 3, 4 dan 5. Setiap hotel memiliki tarif paket yang berbeda dengan layanan beragam.

"Tidak menutup kemungkinan bagi para pelaku bisnis perhotelan untuk memberikan potongan harga sebagai daya tarik," kata Head of Research Colliers Indonesia, Ferry Salanto, Selasa (27/12/2022).

Adapun, untuk hotel di wilayah Jakarta, jenis hotel bintang 3 menawarkan harga sewa setengah hari berkisar Rp250.000 hingga Rp350.000 per orang. Sementara, untuk penyewaan sehari penuh, tarifnya mencapai Rp350.000 hingga Rp450.000 per orang.

Bergeser ke hotel berbintang 4, untuk penyewaan setengah hari berkisar Rp350.000 hingga Rp550.000 per orang. Lalu, untuk penyewaan sehari penuh sekitar Rp400.000 hingga Rp600.000 per orang.

Tarif paket hotel berbintang 5 biasanya Rp600.000 hingga Rp850.000 per orang untuk setengah hari. Adapun, tarif penyewaan untuk sehari penuh Rp650.000 hingga Rp900.000 per orang.

Adapun, harga paket setiap jenis hotel tersebut akan mempengaruhi variasi minuman, makanan, pelayanan yang ditawarkan. Sebagian besar paket pertemuan tidak termasuk dengan kamar.

Namun, beberapa hotel memiliki paket pertemuan yang sudah termasuk kamar. Jika tidak memiliki paket yang sudah termasuk kamar, maka pihak hotel biasanya akan memberikan harga khusus untuk kamar tersebut.

Sebagaimana diketahui, total hotel di Jakarta hingga kuartal III/2022 yaitu mencapai 223 hotel dengan jumlah kamar sebanyak 44.696 unit. Jumlah hotel maupun jumlah ketersediaan kamar didominasi oleh hotel bintang 3.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper