Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Edukasi Penumpang Kapal Feri, ASDP Siagakan Pusat Informasi Ferizy

PT ASDP Indonesia Fery (Persero) menyiapkan Pusat Informasi Ferizy di sejumlah rest area di Tol Tangerang - Merak, Banten.
Masyarakat menggunakan fasilitas Pusat Informasi Ferizy, yang disediakan PT ASDP Indonesia Fery (Persero), di Rest Area Km 43 Tol Tangerang-Merak, Jumat (23/12/2022)/Bisnis-Leo Dwi Jatmiko
Masyarakat menggunakan fasilitas Pusat Informasi Ferizy, yang disediakan PT ASDP Indonesia Fery (Persero), di Rest Area Km 43 Tol Tangerang-Merak, Jumat (23/12/2022)/Bisnis-Leo Dwi Jatmiko

Bisnis.com, BANTEN - PT ASDP Indonesia Fery (Persero) menyiagakan Pusat Informasi Ferizy di sejumlah tempat beristirahat atau rest area di Tol Tangerang-Merak, Banten, guna mengontrol arus mudik orang dan kendaraan pada Hari Raya Natal 2022 dan Tahun Baru 2023.

Koordinator Pusat Informasi Ferizy di Rest Area Km 43 Tol Tangerang-Merak, Muhammad Zahri mengatakan fasilitas tersebut didirikan oleh PT ASDP Indonesia Fery (Persero) yang bekerja sama dengan sejumlah pemangku kepentingan. Di tenda tersebut, jelasnya, masyarakat akan mendapat informasi mengenai tata tertib sebelum menyebrang ke Pulau Sumatra menggunakan kapal feri. 

"Masyarakat juga dapat membeli tiket di sana, karena sudah sejak beberapa tahun terakhir ASDP tidak melayani pembelian tiket di Pelabuhan," kata Zahri kepada Bisnis, Jumat (23/12/2022).

Sebagai informasi, para pengguna jasa kapal feri saat ini harus membeli tiket online secara mandiri di laman resmi atau website Ferizy, aplikasi Ferizy, atau di mitra resmi ASDP yaitu Indomaret, Alfamart, Agen BRILink, dan Agen Finpay (Delima Point). 

Zahri mengatakan Pusat Informasi Ferizy juga berfungsi sebagai delay system yang mengatur arus kendaraan yang akan masuk ke pelabuhan. Tujuannya agar tidak terjadi penumpukan di Pelabuhan Merak.

Di tempat-tempat istirahat dan pelayanan (TIP) Tol Tangerang-Merak, sambung dia, akan ada petugas yang memeriksa kesiapan para pengguna jasa kapal feri, termasuk apakah mereka sudah memiliki tiket atau belum. Jika belum, kata Zahri, masyarakat akan diminta untuk membeli tiket.

Petugas juga akan melihat jam keberangkatan kapal feri dari calon penumpang yang sudah membeli tiket. Bila waktu pemeriksaan dan keberangkatan sudah dekat, petugas akan memberikan stiker berwarna hijau. 

Namun, jika waktu keberangkatan masih cukup lama, maka penumpang akan mendapat stiker berwarna kuning, sehingga tak perlu terburu-buru menuju pelabuhan.  "Kemudian, jika mereka belum memiliki tiket, mereka akan mendapat stiker berwarna merah," jelas Zahri. 

Adapun khusus di tol Tangerang-Merak, Pusat Informasi Ferizy terdapat di rest area km 13, km 43 dan km 68. “Kami juga ada pembagian flyer [untuk mengedukasi pengguna jasa kapal feri] di gerbang tol Cikupa. Pusat Informasi di luar tol juga ada dua,” jelasnya.

Berdasarkan pantauan tim Kilas Nataru 2022 dari Bisnis Indonesia, Jumat (23/12/2022), puluhan kendaraan berjejer dan terparkir rapi di rest area kilometer 43, Tol Tangerang-Merak, Banten.

Tidak seperti hari biasa, volume kendaraan tampak lebih ramai. Di situ juga berdiri tenda-tenda berwarna putih bertuliskan ‘Pusat Informasi Ferizy’ yang ramai dikunjungi masyarakat. 

Zahri mengatakan Pusat Informasi Ferizy buka 7x24 jam. Posko ini sifatnya hanya sementara, saat momen libur Hari Raya Natal dan Tahun Baru, serta Hari Raya Idulfitri. Menurutnya, Pusat Informasi Ferizy beroperasi mulai 17 Desember dan akan selesai pada 4 Januari 2023.

“Kenapa tanggal 4? karena prediksinya arus mudik itu seminggu sebelum Natal dan seminggu setelah Natal,” kata Zahri.

ASDP
ASDP

Koordinator Pusat Informasi Ferizy di Rest Area Km 43 Tol Tangerang-Merak, Muhammad Zahri saat diwawancarai tim Kilas Nataru 2022 Bisnis Indonesia, Jumat (23/12/2022) -  Bisnis/Leo Diw Jatmiko

Khusus Pusat Informasi Ferizy di km 43, kata Zahri,  jumlah transaksi yang terjadi terus mengalami peningkatan menjelang Hari Raya Natal. Pada Kamis (22/12/2022), Pusat Informasi Ferizy memroses 116 transaksi, jumlah tersebut meningkat menjadi 150 transaksi sehari kemudian. 

Dia meyakini pada H-1 jumlah transaksi akan kembali tumbuh di Pusat Informasi Ferizy yang terdapat di sejumlah rest area

“Puncaknya kemungkinan besok [24/12/2022] sore sampai malam. Karena sekarang masih hari kerja,” kata Zahri. 

Sekadar informasi, Angkutan Natal dan Tahun Baru 2023 ASDP Indonesia Ferry (Persero) telah menyeberangkan 233.000 penumpang dan 51.000 unit kendaraan dari Jawa menuju Sumatra pada H-3 Natal.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Leo Dwi Jatmiko
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper