Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kilas Nataru 2022: H-2 Natal, Lalin Tol Tangerang-Merak Naik 12 Persen

Berdasarkan pantauan tim Kilas Nataru 2022 Bisnis Indonesia, belum terlihat antrean kendaraan di Gerbang Tol Cikupa, Banten.
Suasana kendaraan mengantre masuk gerbang Tol Cikupa/Bisnis-Leo Dwi Jatmiko
Suasana kendaraan mengantre masuk gerbang Tol Cikupa/Bisnis-Leo Dwi Jatmiko

Bisnis.com, BANTEN - Pergerakan masyarakat menuju ke Pelabuhan Merak, Banten, mengalami peningkatan pada H-2 Hari Raya Natal.

Berdasarkan pantauan tim Kilas Nataru 2022 Bisnis Indonesia, kendaraan silih berganti memasuki Gerbang Tol Cikupa, Banten pada pukul 16.00 WIB. Belum terlihat antrean panjang.

Humas Astra Tol Tangerang-Merak Uswatun Hasanah mengatakan berdasarkan data yang dihimpun sejak 15 Desember - 22 Desember 2022 terdapat peningkatan trafik hingga 6-12 persen dibandingkan dengan rata-rata lalu lintas harian.

“Trafik tertinggi saat ini terdapat pada 21 Des 2022 yaitu 55.003 kendaraan yang melintas di Tol Tangerang-Merak atau naik 12,81 persen dari lalu lintas harian rata-rata 48.759 kendaraan,” kata Hasanah kepada Bisnis, Jumat (23/12/2022).

Dia menambahkan trafik kendaraan yang menuju Merak sejak 15 Desember - 22 Desember 2022 juga meningkat 10-28 persen.

Trafik tertinggi pada tanggal 20 dan 21 Desember 2022, mencapai 12.099 dan 12.181 kendaraan atau naik 27.55 persen dan 28.41 persen dibandingkan dengan lalu lintas harian rata-rata (LHR) 9.486 kendaraan.

Adapun jumlah kendaraan yang sudah melintas di tol Tangerang-Merak dari 15 Desember - 22 Desember sudah 426.819 kendaraan yang melintas

Lebih lanjut, kata Hasanah, kendaraan menuju ke arah gerbang Tol Serang Timur, Cilegon Timur dan Merak adalah kendaraan arus mudik dan liburan.

“Sesuai prediksi kami adalah arus mudik dan liburan,” kata Hasanah.

Untuk mengantisipasi jika terjadi kepadatan, kata Hasanah, pengelola akan mengoptimalkan seluruh gardu masuk dan keluar. Khusus untuk Cikupa, seluruh gardu utama dan satelit 9 unit sudah dioptimalkan.

“Kami juga menambah gardu tandem [tambahan], saat ini gardu tandem kami instal di gerbang Tol Merak sebanyak 2 unit, melihat kondisi trafik,” kata Hasanah.

Dia mengatakan saat ini juga dilakukan rekayasa lalu lintas yang diinisiasi oleh kepolisian dalam rangka untuk menekan antrean di Gerbang Tol Merak menuju pelabuhan.

Kepolisian bersama ASDP mengarahkan pengguna jalan yang akan menyebrang ke Sumatra untuk membeli tiket penyeberangan yang disediakan oleh ASDP di posko-posko di tempat istirahat dan pelayanan (TIP) 43 dan 68A arah Merak.

Tol Cikupa
Tol Cikupa

Kendaraan mengantre masuk gerbang Tol Cikupa/Bisnis-Leo Dwi Jatmiko

Sebagai informasi, Kilas Nataru 2022 terselenggara berkat dukungan PT PLN (Persero), PT ASDP Indonesia Ferry (Persero), PT Waskita Beton Precast Tbk.  dan PT Adira Dinamika Multi Finance Tbk. Program Kilas Nataru akan terselenggara mulai 23 Desember 2022 - 2 Januari 2023.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Leo Dwi Jatmiko
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper