Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Akhir Perseteruan Bupati Meranti vs Kemenkeu, Persoalan Setoran DBH Sudah Clear!

Bupati Kepulauan Meranti Muhammad Adil menyebut kekurangan setoran DBH Migas akan dibayar pemerintah pusat usai dilakukan audit oleh Kemenkeu.
Bupati Kepulauan Meranti Muhammad Adil./pemkab meranti
Bupati Kepulauan Meranti Muhammad Adil./pemkab meranti

Bisnis.com, JAKARTA - Perseteruan antara Bupati Kepulauan Meranti Muhammad Adil dengan Kementerian Keuangan beberapa waktu lalu sudah menemui titik terang.

Difasilitasi oleh Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), Adil telah melakukan pertemuan dengan Kementerian Keuangan (Kemenkeu) dan Kementerian ESDM guna membahas dana bagi hasil atau DBH Migas. Adapun pertemuan berlangsung sebanyak dua kali, yakni pada Selasa (20/12/2022) dan Rabu (21/12/2022) di Ruang Sidang Utama Kantor Pusat Kemendagri.

Adil menuturkan, persoalan terkait DBH Migas di wilayahnya telah selesai dibahas.

“Berdasarkan penjelasan yang disampaikan dalam pertemuan tersebut persoalan mengenai DBH Migas Kabupaten Kepulauan Meranti telah rampung dibahas,” kata Adil, mengutip laman resmi Kemendagri, Kamis (22/12/2022).

Terkait kekurangan pembayaran DBH Migas Kepulauan Meranti, Adil menyebut akan dibayar pemerintah pusat usai dilakukan audit oleh Kemenkeu.

Pada pertemuan pertama, Kemendagri telah mempertemukan Adil, Gubernur Riau Syamsuar, perwakilan Kemenkeu maupun Kementerian ESDM. Kemudian pada pertemuan kedua merupakan lanjutan guna membahas lebih teknis terkait produksi, lifting, hingga penetapan DBH Migas.

Sebagaimana diketahui, Adil menjadi viral usai melabeli Kemenkeu sebagai iblis atau setan. Pernyataan tersebut disampaikan Adil lantaran tidak puas terhadap pembagian DBH Migas ke wilayah kabupaten Kepulauan Meranti.

Dalam Rakornas Optimalisasi Pendapatan Daerah yang berlangsung di Pekanbaru, Riau pada awal Desember lalu, Adil menjelaskan bahwa tahun ini, wilayahnya hanya menerima sebanyak Rp115 miliar atau hanya naik Rp700 juta dibandingkan penerimaan sebelumnya. Padahal, lifting minyak naik dari US$60 menjadi US$100 imbas perang Rusia dan Ukraina.

Adil kemudian mengaku melakukan berbagai upaya untuk bertemu secara langsung dengan pejabat Kemenkeu terkait.

“Sampai saya kejar ke Bandung orang Kemenkeu, juga tidak dihadiri oleh yang kompeten, itu yang hadir waktu itu nggak tahulah. Sampai pada waktu itu saya bilang, ‘Ini orang keuangan ini isinya iblis atau setan?” tanya dia. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper