Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Hore! Kejutan Hawkish Bank of Japan Bisa Redakan Krisis Energi Jepang, Ini Sebabnya

Keputusan Gubernur BOJ Haruhiko Kuroda untuk memperluas kurva imbal hasil obligasi tenor 10 tahun memicu lonjakan terbesar yen dalam lebih dari dua dekade.
Gedung bank sentral Jepang, Bank Of Japan (BOJ), di Tokyo./Bloomberg
Gedung bank sentral Jepang, Bank Of Japan (BOJ), di Tokyo./Bloomberg

Bisnis.com, JAKARTA – Kejutan kebijakan terbaru Bank of Japan (BOJ) diperkirakan memberikan angin segar bagi upaya pemulihan dari krisis energi karena dapat memangkas biaya impor bahan bakar menyusul penguatan yen.

Keputusan mengejutkan Gubernur BOJ Haruhiko Kuroda untuk memperluas kurva imbal hasil obligasi tenor 10 tahun memicu lonjakan terbesar yen dalam lebih dari dua dekade. Yen yang lebih ini diperkirakan menguntungkan produsen listrik, distributor gas, dan penyulingan negara, yang bergulat dengan lonjakan biaya bahan bakar karena devaluasi mata uang yang cepat dan krisis energi global.

Yen yang lemah mendorong biaya impor energi Jepang, sehingga mempersulit upaya untuk menimbun bahan bakar dan menghindari kekurangan atau pemadaman listrik. Harga gas alam cair dalam mata uang yen naik lebih dari empat kali lipat dalam dua tahun terakhir, lebih tinggi dari harga yang dipatok dengan dolar AS.

“Dalam jangka pendek, apresiasi yen kemungkinan besar akan menguntungkan kilang minyak Jepang dan importir energi karena akan mengurangi biaya pembelian minyak, LNG, dan bahan bakar berdenominasi dolar AS lainnya," kata Will Sungchil Yun, analis komoditas senior di SI Securities.

Harga LNG naik ke rekor tertinggi tahun ini setelah invasi Rusia ke Ukraina dan memaksa importir Jepang berskala kecil untuk menahan pembelian bahan bakar ini dari pasar spot.

Yang pasti, importir energi mungkin menunda pembelian tambahan jika mereka mengharapkan penguatan yen lebih lanjut.

"Devaluasi cepat mata uang Jepang yang terlihat dalam periode baru-baru ini telah merusak pengadaan LNG Jepang," kata analis Institute of Energy Economics Hiroshi Hashimoto.

Meskipun pemerintah akan memberikan subsidi sementara untuk tagihan listrik rumah tangga tahun depan, tarif listrik telah melonjak pada tahun lalu dan berisiko naik lebih lanjut karena kenaikan harga bahan bakar. Hal ini berkontribusi pada inflasi di Jepang yang melonjak ke level tertinggi dalam empat dekade terakhir.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper