Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Jasa Marga (JSMR) Bidik Pendapatan Naik 4 Persen saat Nataru

Jasa Marga (JSMR) menargetkan peningkatan pendapatan sebesar 4 persen selama periode libur Nataru.
Ilustrasi kendaraan memadati pintu tol yang dikelola PT Jasa Marga Tbk. saat arus balik Lebaran 2022/Antara
Ilustrasi kendaraan memadati pintu tol yang dikelola PT Jasa Marga Tbk. saat arus balik Lebaran 2022/Antara

Bisnis.com, JAKARTA - PT Jasa Marga (Persero) Tbk. (JSMR) menargetkan peningkatan pendapatan sebesar 4 persen selama periode libur Natal dan Tahun (Nataru) tahun ini.

Operation and Maintenance Management Group Head Jasa Marga, Atika Dara Prahita, mengatakan pada periode Nataru tahun ini volume lalu lintas diprediksi mencapai 2,7 juta kendaraan atau naik 2,6 persen jika dibandingkan dengan Nataru 2021.

Adapun, jika dibandingkan saat kondisi normal, volume lalu lintas saat Nataru diprediksi meningkat sebesar 8,4 persen.

"Pendapatan akan meningkat sebesar 4 persen dari kondisi normalnya," kata Atika dalam konferensi pers yang digelar di Bekasi, Jawa Barat, Kamis (15/12/2022).

Atika mengatakan 2,7 juta kendaraan diperkirakan keluar dari Jabotabek. Mayoritas kendaraan yang keluar mengarah ke Trans Jawa yaitu sebesar 47 persen, ke arah Merak 30,6 persen, dan menuju ke Ciawi 22,4 persen.

Sementara itu, untuk arus balik ke wilayah Jabotabek diperkirakan mencapai 2,71 juta kendaraan atau meningkat 1,2 persen jika dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu atau naik 9 persen dari realisasi normal dengan sebaran Trans Jawa 47 persen, Merak 30 persen, dan Ciawi 22,5 persen.

"Kurang lebih mendekati ril lalu lintas normal, sekiranya sudah ada mobilitas. Namun terhadap volume sebelum pandemi masih lebih rendah," ungkapnya.

Diberitakan sebelumya, memprediksi puncak arus mudik masyarakat pada saat libur Natal 2022 dan tahun baru 2023 (Nataru) bakal terjadi pada 23 Desember 2022 dan 30 Desember 2022.

"Puncak arus mudik diperkirakan pada libur Natal terjadi pada Jumat 23 Desember 2022, dan juga pada saat libur tahun baru sama juga Jumat 30 Desember 2022," kata Direktur Utama Jasa Marga Subakti Syukur pada Rapat Dengar Pendapat (RDP) dengan Komisi VI DPR, Rabu (14/12/2022).

Sementara itu, Subakti memprediksi arus kepulangan (balik) pada periode libur akhir tahun ini akan terjadi pada Minggu (25/12/2022), untuk Libur Natal 2022. Kemudian, puncak arus balik untuk libur tahun baru 2023 akan terjadi pada satu pekan setelahnya, Minggu (1/1/2023).

Subakti mengatakan BUMN operator jalan tol itu akan bersiaga mulai dari Minggu (18/12/2022), sampai dengan Sabtu (7/1/2023). Selama periode libur akhir tahun, dia memprediksi adanya pergerakan yang cukup tinggi pada empat gerbang tol utama Jasa Marga.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Muhammad Ridwan
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper