Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Survei BI: Inflasi Berpotensi Melambat pada Januari 2023

Responden survei Bank Indonesia meyakini bahwa penurunan penjualan eceran akan menurunkan tekanan inflasi pada Januari 2023.
Ilustrasi inflasi/Freepik
Ilustrasi inflasi/Freepik

Bisnis.com, JAKARTA — Responden Survei Penjualan Eceran oleh Bank Indonesia meyakini bahwa akan terjadi penurunan laju inflasi pada Januari 2023. Namun, tetap terdapat kekhawatiran kenaikan setelahnya.

Berdasarkan survei tersebut, Indeks ekspektasi penjualan (IEP) Januari 2023 tercatat ada di 150,6. Angkanya lebih rendah dari IEP November 2022 di 152,0, yang menunjukkan adanya keyakinan penurunan penjualan eceran.

Responden meyakini bahwa penurunan penjualan eceran akan turun menurunkan tekanan inflasi. Sepanjang tahun berjalan, laju inflasi terus mengalami kenaikan, seiring tingginya harga komoditas dan energi, serta dampak tekanan ekonomi global.

Meskipun begitu, IEP April 2023 tercatat ada di 146,9, atau naik dari bulan sebelumnya di 144,0. Menurut BI, hal tersebut menunjukkan adanya keyakinan responden bahwa inflasi akan kembali meningkat.

“Dari sisi harga, responden memperkirakan bahwa tekanan inflasi pada Januari 2023 menurun dan April 2023 sedikit meningkat, sejalan dengan perkiraan penjualannya,” dikutip dari laporan BI pada Jumat (9/12/2022).

Indeks Ekspektasi Harga Umum (IEH) Januari 2023 tercatat di 138,0, turun dari 146,0 pada Desember 2022. Adapun IEH April 2023 tercatat di 140,8, sedikit meningkat dari 140,7 pada bulan sebelumnya.

Peningkatan IEH itu didorong oleh kenaikan harga saat Hari Besar Keagamaan Nasional (HBKN) Idulfitri.

“Peningkatan pada IEP 2023 diprakirakan didorong HBKN idulfitri sehingga diprakirakan akan meningkatkan permintaan, di tengah keadaan cuaca/musim yang mendukung, kelancaran distribusi barang, dan program promosi yang dilakukan responden,” dikutip dari laporan BI.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper