Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pekerja Bongkar Muat Demo di Makassar, Pelindo: Layanan Tak Terganggu

Pelindo memastikan layanan tidak terganggu kendati pekerja bongkar muat melakukan aksi demo di Pelabuhan Makassar.
Pekerja memindahkan semen ke atas kapal di Pelabuhan Makassar, Sulsel, Senin (16/5). /BISNIS.COM
Pekerja memindahkan semen ke atas kapal di Pelabuhan Makassar, Sulsel, Senin (16/5). /BISNIS.COM

Bisnis.com, JAKARTA - Para pekerja pelabuhan yang tergabung dalam Koperasi Tenaga Kerja Bongkar Muat (TKBM) di Pelabuhan Makassar melakukan aksi damai untuk menyuarakan aspirasi mereka kepada pemerintah.

Aksi damai yang diikuti oleh sekitar 100 orang tersebut dilakukan di luar area Pelabuhan Soekarno-Hatta Makassar, Kamis (8/12/2022). Para buruh melakukan protes terhadap wacana pemerintah pusat yang akan mencabut SKB 2 Dirjen dan 1 Deputi tahun 2011 tentang Pembinaan dan Penataan Koperasi TKBM di Pelabuhan. Aksi juga menuntut revisi atas Keputusan Menteri Perhubungan No. 35/2007 tentang Pedoman Perhitungan Tarif Pelayanan Jasa Bongkar Muat dari dan ke Kapal di Pelabuhan.

Kepala Bidang Lalu Lintas dan Angkutan Laut Kantor Otoritas Pelabuhan Kelas Utama Makassar Mukminin mengatakan pihaknya menghormati aksi damai yang dilakukan oleh para pekerja TKBM. Menurutnya hal tersebut merupakan bagian dari hak setiap warga negara dalam menyampaikan pendapat di muka umum. Pihaknya berpesan agar aksi tersebut berlangsung tertib dan tidak merugikan berbagai pihak.

"Kami sudah berkoordinasi dengan pihak-pihak terkait termasuk TKBM untuk memastikan kegiatan operasional di pelabuhan termasuk TPK New Makassar tetap berlangsung dan tidak ada penghentian kegiatan pelayanan," ujarnya dalam keterangannya kepad media, Kamis (8/12/2022).

Berlangsungnya aktivitas bongkar muat pelabuhan dibenarkan oleh Terminal Head TPK New Makassar Muhammad Syukur. Pihaknya mengaku mencatat setidaknya terdapat aktivitas pelayanan terhadap 7 kapal peti kemas sejak Rabu (07/12) hingga Kamis (08/12). Kapal tersebut diantaranya MV. Meratus Makassar, MV. Tanto Jaya, MV. Tanto Tenang, MV. Derya Mas, MV. Hijau Jelita, MV. Bali Sanur dan MV. Teluk Bintuni.

"Total peti kemas dalam aktivitas bongkar muat di TPK New Makassar dalam 2 hari ini, Rabu dan Kamis mencapai kurang lebih 3.500 box," urai Syukur.

Secara terpisah, Corporate Secretary PT Pelindo Terminal Petikemas (SPTP) Widyaswendra mengatakan aksi damai pekerja TKBM berlangsung di seluruh terminal peti kemas yang dikelola oleh perseroan. Pihaknya menyebut aksi pekerja TKBM tidak mengganggu aktivitas bongkar muat di 27 terminal yang dikelola oleh SPTP. Pihaknya terus berkoordinasi dan berkomunikasi dengan pihak-pihak terkait di setiap terminal untuk menjaga area pelabuhan tetap kondusif dan tidak berdampak pada kegiatan operasional.

"Kami berkomitmen memberikan pelayanan terbaik bagi pengguna jasa, pantauan kami aktivitas di seluruh terminal yang dikelola oleh SPTP tidak terganggu," terangnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper