Cari berita
Bisnis.com

Konten Premium

Bisnis Plus bisnismuda Koran Bisnis Indonesia tokotbisnis Epaper Bisnis Indonesia Konten Interaktif Bisnis Indonesia Group Bisnis Grafik bisnis tv

Mau Investasi di IKN? Begini Caranya

Sejumlah investor telah mulai mengecek lahan yang disediakan pemerintah untuk pembangunan sejumlah fasilitas di IKN.
Muhammad Ridwan
Muhammad Ridwan - Bisnis.com 06 Desember 2022  |  19:15 WIB
Mau Investasi di IKN? Begini Caranya
Presiden Jokowi pada acara Ibu Kota Nusantara Sejarah Baru Peradaban Baru di The Ballroom Djakarta Theater, Jakarta, Selasa (18/10/2022) - BPMI Setpres - Muchlis Jr.
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Otorita Ibu Kota Negara (IKN) merilis panduan informasi untuk investasi di IKN Nusantara. Tata cara tersebut untuk menetapkan panduan ad interima terkait dengan tata kelola penyampaian informasi kepada calon investor.

Dilansir dari unggahan Instagram resmi Otorita IKN pada Selasa (6/12/2022), panduan berinvestasi untuk investor untuk penyampaian minta maka calon investor mengirimkan surat yang berisi surat pernyataan, lokasi lahan yang diminati, kebutuhan data yang diperlukan, serta profil singkat perusahaan sesuai bidah usaha.

Bagi investor yang membutuhkan perincian rencana induk untuk lokasi lahan yang diminati dan kebutuhan data yang diperlukan maka dapat diunduh melalui IKN.go.id/1MMPinvestasiIKN.

Adapun, setelah seluruh persyaratan tersebut telah dilengkapi oleh calon investor, berkas tersebut dapat dikirimkan melalui surat elektronik yang ditujukan kepada [email protected]

Setelah itu, surat elektronik yang telah disampaikan tersebut akan ditindaklanjuti oleh Otorita IKN yang akan direspon langsung oleh Sekretaris Otorita IKN dengan melampirkan draf perjanjian kerahasiaan atau non-disclosure agreement dan informasi jenis data yang dapat disampaikan kepada calon investor.

Calon investor yang terpilih nantinya akan dilanjutkan dengan proses penandatanganan perjanjian kerahasiaan, serta pemberian data pendukung dan data teknis kepada calon investor.

Selain menerbitkan panduan berinvestasi, Otorita IKN turut menerbitkan Buku Panduan One Map, One Planning, One Policy (1 MPP) sebagai pedoman informasi rencana persiapan dan pelaksanaan pembangunan IKN terintegrasi lintas kementerian/lembaga.

Sebelumnya, Badan Otorita Ibu Kota Negara (IKN) menyebut sejumlah investor telah mulai mengecek lahan yang disediakan pemerintah untuk pembangunan sejumlah fasilitas di Ibu Kota baru.

Sekretaris Otorita IKN, Jaka Santos, menjelaskan dari hasil jajak pasar yang telah mendapatkan banyak minat investasi, seluruhnya sedang berproses. Jaka mengatakan proses tersebut seluruhnya berjalan cukup baik dan terus berprogres setiap harinya.

Dalam perkembangan terakhir, Jaka menyebut permintaan lahan yang dicatat setelah market sounding telah melebihi 30 kali lipat dari lahan yang ditawarkan di wilayah 1A KIPP seluas 39 hektare.

"Tentunya ada [yang berlanjut ke serius] karena berproses kunjungan ke site dan lain-lain," kata Jaka.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

IKN Badan Otorita IKN Ibu Kota Baru ibu kota negara Pemindahan Ibu Kota pindah ibu kota ibu kota
Editor : Kahfi
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top