Cari berita
Bisnis.com

Konten Premium

Bisnis Plus bisnismuda Koran Bisnis Indonesia tokotbisnis Epaper Bisnis Indonesia Konten Interaktif Bisnis Indonesia Group Bisnis Grafik bisnis tv

Jalan Tol Tebing Tinggi-Inderapura Siap Dilalui saat Nataru

BPJT memastikan Jalan Tol Tebing Tinggi-Inderapura siap dilalui jelang libur Natal dan Tahun Baru atau Nataru.
Muhammad Ridwan
Muhammad Ridwan - Bisnis.com 02 Desember 2022  |  08:47 WIB
Jalan Tol Tebing Tinggi-Inderapura Siap Dilalui saat Nataru
Jalan tol di Gerbang tol Tebing Tinggi - Sei Rampah siap dioperasikan, Sumatra Utara, Minggu (24/3/2019). - ANTARA/Septianda Perdana
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Jalan Tol Kuala Tanjung-Tebing Tinggi-Parapat Seksi 1 Tebing Tinggi-Inderapura sepanjang 20,4 kilometer (Km) akan dioperasionalkan secara fungsional pada saat periode libur Natal dan Tahun Baru 2023 untuk mengantisipasi lonjakan arus lalu lintas.

Sekretaris Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian PUPR Triono Junoasmono menjelaskan Seksi 1 Tebing Tinggi - Inderapura saat ini progres konstruksinya telah mencapai 95,36 persen sehingga dapat digunakan secara fungsional bagi pengendara untuk melintas sementara waktu hingga selanjutnya dapat diresmikan dan dioperasikan secara penuh.

"Diharapkan dengan dibukanya Jalan Tol ini akan mampu meningkatkan kenyamanan dan mempercepat waktu tempuh berkendara di saat liburan arus mudik Nataru akhir tahun nanti. Kementerian PUPR selanjutnya akan berkoordinasi dengan Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) terkait untuk memastikan waktu pelaksanaan buka-tutup tol tersebut," kata Triono dalam keterangan resminya, Kamis (1/12/2022).

Dia menambahkan persiapan dan koordinasi bersama BUJT maupun stakeholder harus disiapkan dengan matang yakni mempersiapkan posko bersama, kesiapan gerbang tol, rest area, petugas Jalan Tol, termasuk pihak keamanan yang berjaga untuk mengantisipasi selama fungsional Jalan Tol dilaksanakan.

Adapun, Jalan Tol Kuala Tanjung - Tebing Tinggi - Parapat seluruhnya memiliki total panjang 143,25 km terbagi menjadi 6 Seksi. Selanjutnya untuk Seksi 2 Inderapura-Kuala Tanjung 18,05 km progresnya telah mencapai 72,91 persen, Seksi 3 Tebing Tinggi-Serbelawan sepanjang 30 km progres mencapai 66,24 persen, dan Junction Tebing Tinggi sepanjang 7,07 km dengan progres mencapai 64,11 persen yang ditargetkan selesai konstruksinya pada Kuartal I/2023.

Kemudian Seksi 4 Serbelawan-Pematang Siantar sepanjang 28 km dengan progres mencapai 57,03 persen yang ditargetkan selesai konstruksinya pada pertengahan 2023 mendatang. Keempat seksi tersebut merupakan dukungan BUJT PT Hutama Marga Waskita.

Sementara untuk Seksi 5 Pematang Siantar - Seribudolok sepanjang 22,30 km dan Seksi 6 Seribudolok - Parapat 16,7 km yang saat ini masih dalam tahap persiapan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

jalan tol Natal dan Tahun Baru bpjt
Editor : Rio Sandy Pradana
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top