Cari berita
Bisnis.com

Konten Premium

Bisnis Plus bisnismuda Koran Bisnis Indonesia tokotbisnis Epaper Bisnis Indonesia Konten Interaktif Bisnis Indonesia Group Bisnis Grafik bisnis tv

Jalan Tol Cisumdawu Ditarget Beroperasi pada Januari 2023

Menteri PUP meminta percepatan penyelesaian ruas tol tersebut kepada badan usaha jalan tol (BUJT).
Muhammad Ridwan
Muhammad Ridwan - Bisnis.com 28 November 2022  |  21:11 WIB
Jalan Tol Cisumdawu Ditarget Beroperasi pada Januari 2023
Jalan Tol Cisumdawu Ditarget Beroperasi pada Januari 2023. Foto udara ruas Jalan Tol Cileunyi-Sumedang-Dawuan (Cisumdawu) seksi 3 di daerah Cimalaka, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat, Jumat (22/4/2022). Bisnis - Rachman
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Pengoperasian Jalan Tol Cileunyi-Sumedang-Dawuan (Cisumdawu) ditarget paling lambat pada Januari 2023.

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono menjelaskan pihaknya telah meminta percepatan penyelesaian ruas tol tersebut kepada badan usaha jalan tol (BUJT).

Namun, kondisi musim penghujan telah membuat adanya keterlambatan dalam pengerjaan proyek itu. Untuk itu, Kementerian PUPR telah meminta bahan konstruksi yang dapat digunakan saat musim hujan guna menghindari keterlambatan yang lebih lama.

Kendati demikian, Basuki memastikan BUJT telah menyetujui permintaan tersebut meski adanya peningkatan investasi.

"Sudah kami putuskan mereka terima mereka dan akan kita percepat penyelesaian ya paling lambat kalau itu terlambat sampai Januari tapi itu pasti selesai," ujarnya dalam rapat kerja dengan Komisi V DPR, Senin (28/11/2022).

Pembangunan Jalan Tol Cisumdawu terdiri atas 6 seksi yang dibangun dengan skema Kerja sama pemerintah dan badan usaha (KPBU) dengan biaya konstruksi Rp5,5 triliun.

Seksi 1 Cileunyi-Pamulihan sepanjang 11,45 km, Seksi 2 Pamulihan-Sumedang sepanjang 17,05 km, dan Seksi 3 Sumedang-Cimalaka sepanjang 4,05 km.

Sementara itu, Seksi IV Cimalaka - Legok sepanjang 8,2 km, Seksi V A&B Legok - Ujung Jaya sepanjang 14,9 km, dan Seksi 6 Ujung Jaya-Dawuan.

Basuki menegaskan pihaknya tidak akan mengoperasikan Jalan Tol Cisumdawu Seksi 1–3 hingga pembangunan Seksi 4–6 selesai.

"Seksi 1,2,3 sudah selesai, sebelum 4,5-,6 yakin selesai saya tidak akan buka, apalagi mau diminta tarif, saya khawatir ada Brexit lagi, karena ruas itu akan langsung terhubung jalan nasional," ungkapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

cisumdawu jalan tol Kementerian PUPR
Editor : Aprianus Doni Tolok
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

back to top To top