Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Bandara Kertajati Layani Pesawat Jet Usai Tol Cisumdawu Tuntas

Menhub Budi Karya akan melayani penerbangan pesawat jet menunggu Tol Cisumdawu beroperasi.
Dany Saputra
Dany Saputra - Bisnis.com 24 November 2022  |  15:03 WIB
Bandara Kertajati Layani Pesawat Jet Usai Tol Cisumdawu Tuntas
Petugas melakukan rutinitas pemeriksaan di selasar Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati, Kabupaten Majalengka, Jawa Barat, Rabu (24/6/2020). Bisnis - Rachman
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Bandara Kertajati, Majalengka, Jawa Barat, kini telah beroperasi khususnya melayani keberangkatan umrah. Kementerian Perhubungan (Kemenhub) akan menyiapkan bandara itu khusus untuk penerbangan pesawat jet.

Pada Rapat Kerja dengan Komisi V DPR, Kamis (24/11/2022), Menteri Perhubungan Budi Karya menuturkan akan ada pembagian khusus untuk pengoperasian Bandara Kertajati maupun Bandara Husien Sastranegara.

Dia mengatakan hal tersebut bakal diterapkan ketika jalan tol Cileunyi–Sumedang–Dawuan (Cisumdawu) selesai pada akhir Desember 2022 atau awal Januari 2023. Seperti diketahui, tol itu diharapkan bisa meningkatkan aksesibilitas ke Bandara Kertajati.

"Dalam planning kami, [tol] Cisumdawu itu akan selesai pada Desember [2022] atau awal Januari [2023]. Pada saat itu, ada pembagian Kertajati untuk jet, sementara Bandung [Husein Sastranegara] itu untuk propeller [pesawat mesin baling-baling], " terangnya di Gedung DPR Jakarta, Kamis (24/11/2022).

Seperti diketahui, Bandara Kertajati kini sudah resmi melepas penerbangan umrah secara perdana pekan lalu, Minggu (20/11/2022). Sebelumnya, rencana tersebut sempat molor dari target awal yakni 7 November 2022.

Penerbangan umrah dari Kertajati pada tahap awal dilayani dengan penerbangan charter melalui layanan penerbangan GA 902 yang diberangkatkan dari Kertajati ke Bandara King Abdul Aziz.

Sebelumnya, bandara yang dikelola oleh PT Bandar Udara Internasional Jawa Barat itu sempat menyandang titel "mati suri". Namun, kini selain PT Garuda Indonesia Tbk. merapat ke Kertajati, Lion Air Group telah berencana untuk juga melayani umrah dari bandara tersebut.

Corporate Communication Strategic Lion Air Group Danang Mandala mengatakan perusahaan telah mempersiapkan rencana penerbangan secara langsung maupun transit menuju Arab Saudi. Penerbangan tersebut juga akan dilayani sebanyak empat kali dalam seminggu.

"Kami optimistis bahwa tren permintaan pasar dan minat masyarakat, pebisnis serta wisatawan terbang melalui BIJB Kertajati akan meningkat, sehingga jangkauan rute penerbangan dapat diperluas," ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

bandara kertajati menhub Kemenhub
Editor : Rio Sandy Pradana
Bagikan
Konten Premium

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top