Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Rusun Ramah Lingkungan di Jakarta Bertambah Tiga Tower pada 2023

Pemprov DKI Jakarta akan membangun rusun berkonsep green building di Jagakarsa, Jakarta Selatan tahun depan.
Afiffah Rahmah Nurdifa
Afiffah Rahmah Nurdifa - Bisnis.com 23 November 2022  |  18:24 WIB
Rusun Ramah Lingkungan di Jakarta Bertambah Tiga Tower pada 2023
Ilustrasi rumah susun di Jakarta - Kementerian PUPR
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta semakin gencar melakukan pembangunan hunian vertikal atau rumah susun berkonsep hijau atau ramah lingkungan.

Kepala Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman Provinsi DKI Jakarta Sardjoko mengatakan, pihaknya tengah menggodok perencanaan pembangunan rumah susun dengan konsep green building di Jagakarsa, Jakarta Selatan.

"Tahun depan, kami akan membangun di rumah susun Jagakarsa. Di lahan 1,9 hektare rencananya di sana ada tiga tower dan ini juga dengan konsep green building," kata Sardjoko dalam webinar Ekosistem Pembiayaan Perumahan, Rabu (23/11/2022).

Salah satu rusun di Jakarta yang telah menerapkan konsep green building, yaitu Rusunawa Daan Mogot di Jakarta Barat, di mana penggunaan bahan materialnya memiliki kandungan yang hemat energi.

Rusun tersebut juga diketahui mereduksi penggunaan energi hingga 20 persen lebih sedikit dari rusun pada umumnya. Begitupula, dengan penggunaan air yang 20 persen lebih sedikit.

Terkait pemanfaatan rusun sewa tersebut, Sardjoko menuturkan bahwa hal tersebut akan menjadi tanggung jawab Pemprov DKI untuk menentukan skema tarif pembiayaan.

"Tentu kita memberikan satu keterjangkauan terhadap target pasar yang sesungguhnya yang adalah MBR [masyarakat berpenghasilan rendah] ini pasti menjadi porsi besar," jelasnya.

Sebagai informasi, rusun berkonsep hijau yang dimaksud, yakni bangunan menerapkan efisiensi sumber daya, terkait dengan penggunaan air dengan hemat hingga pemanfaatan daur ulang sampah.

Selain itu, juga mendorong penggunaan material-material bangunan ramah lingkungan dan telah tersertifikasi. Termasuk mereduksi penggunaan sumber daya listrik

"Kita akan lebih memaksimalkan pada sumber daya energi matahari dan itu kita siapkan panel solarnya," tandasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

rusun dki jakarta properti
Editor : Denis Riantiza Meilanova
Bagikan
Konten Premium

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top