Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rusun Ramah Lingkungan di Jakarta Bertambah Tiga Tower pada 2023

Pemprov DKI Jakarta akan membangun rusun berkonsep green building di Jagakarsa, Jakarta Selatan tahun depan.
Ilustrasi rumah susun di Jakarta/Kementerian PUPR
Ilustrasi rumah susun di Jakarta/Kementerian PUPR

Bisnis.com, JAKARTA - Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta semakin gencar melakukan pembangunan hunian vertikal atau rumah susun berkonsep hijau atau ramah lingkungan.

Kepala Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman Provinsi DKI Jakarta Sardjoko mengatakan, pihaknya tengah menggodok perencanaan pembangunan rumah susun dengan konsep green building di Jagakarsa, Jakarta Selatan.

"Tahun depan, kami akan membangun di rumah susun Jagakarsa. Di lahan 1,9 hektare rencananya di sana ada tiga tower dan ini juga dengan konsep green building," kata Sardjoko dalam webinar Ekosistem Pembiayaan Perumahan, Rabu (23/11/2022).

Salah satu rusun di Jakarta yang telah menerapkan konsep green building, yaitu Rusunawa Daan Mogot di Jakarta Barat, di mana penggunaan bahan materialnya memiliki kandungan yang hemat energi.

Rusun tersebut juga diketahui mereduksi penggunaan energi hingga 20 persen lebih sedikit dari rusun pada umumnya. Begitupula, dengan penggunaan air yang 20 persen lebih sedikit.

Terkait pemanfaatan rusun sewa tersebut, Sardjoko menuturkan bahwa hal tersebut akan menjadi tanggung jawab Pemprov DKI untuk menentukan skema tarif pembiayaan.

"Tentu kita memberikan satu keterjangkauan terhadap target pasar yang sesungguhnya yang adalah MBR [masyarakat berpenghasilan rendah] ini pasti menjadi porsi besar," jelasnya.

Sebagai informasi, rusun berkonsep hijau yang dimaksud, yakni bangunan menerapkan efisiensi sumber daya, terkait dengan penggunaan air dengan hemat hingga pemanfaatan daur ulang sampah.

Selain itu, juga mendorong penggunaan material-material bangunan ramah lingkungan dan telah tersertifikasi. Termasuk mereduksi penggunaan sumber daya listrik

"Kita akan lebih memaksimalkan pada sumber daya energi matahari dan itu kita siapkan panel solarnya," tandasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper