Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Apa itu CSR? Ini Aturan, Jenis, Tujuan, Manfaat, dan Contohnya

CSR adalah salah satu bentuk kepedulian terhadap kondisi lingkungan dan masyarakat sekitar. Simak penjelasan lengkapnya.
Hana Fathina
Hana Fathina - Bisnis.com 23 November 2022  |  20:51 WIB
Apa itu CSR? Ini Aturan, Jenis, Tujuan, Manfaat, dan Contohnya
CSR - Freepik
Bagikan

    Bisnis.com, JAKARTA - CSR adalah istilah yang sering terdengar, terutama yang berkaitan dengan perusahaan. Kepanjangan CSR adalah Corporate Social Responsibility atau tanggung jawab sosial perusahaan. Secara sederhana, CSR adalah kegiatan perusahaan yang memiliki tanggung jawab secara sosial kepada masyarakat sekitar dan masyarakat secara luas hingga pemangku kepentingan. 

    CSR merupakan suatu bentuk pertanggungjawaban yang dilakukan oleh suatu perusahaan kepada semua pihak yang ada di dalamnya dengan melaksanakan sebuah program yang memiliki manfaat. Dengan mempraktekkan CSR, perusahaan yang menyadari jenis dampak yang mereka timbulkan pada semua aspek masyarakat termasuk ekonomi, sosial dan lingkungan. 

    Berikut ini beberapa hal tentang CSR yang sudah dilansir dari berbagai sumber:

    1. Besar anggaran dana CSR

    Berdasarkan peraturan UU PT dan PP 47/2012 menyatakan bahwa besaran dana CSR adalah tidak spesifik, sesuai dengan kebijakan perusahaan. Meskipun demikian, biaya CSR wajib tetap dikeluarkan diperhitungkan dan dianggarkan oleh perusahaan sesuai dengan kepatutan dan kewajaran. Hal ini tercantum dalam UU 40/2007 pasal 47 ayat 2. 

    2. Jenis-jenis CSR

    • Penggunaan sumber energi terbarukan
      Hal ini dilakukan agar perusahaan ikut serta dalam melestarikan sumber daya alam yang terancam punah. Adapun sumber energi terbarukan yang bisa dimanfaatkan, seperti angin, tenaga surya, air dan sebagainya. 
    • Rehabilitasi alam 
      Untuk jenis ini, perusahaan memiliki tanggung jawab terhadap penjaga alam, terutama bagi perusahaan produsen limbah. Contoh kegiatannya seperti penanaman bakau dan reboisasi hutan. 
    • Volunteering 
      Kegiatan ini bisa dilakukan secara rutin maupun insidentil, seperti mengirimkan tenaga pengajar ke daerah terpencil atau penerjunan tenaga relawan Ketika bencana. 
    • Pemberdayaan ekonomi karyawan 
      Dana CSR bisa dialokasikan untuk peningkatan kemampuan karyawan agar bisa berdaya secara ekonomi. Contohnya dengan membentuk koperasi karyawan. 
    • Filantropi 
      CSR merupakan aktivitas yang fokus pada kemanusiaan demi menolong orang yang membutuhkan. Adapun contohnya, seperti bantuan dana UMKM, membuka kampung usaha dan sebagainya.

    3. Manfaat CSR

    • Bagi lingkungan hidup 
      Suatu perusahaan diminta tidak hanya mengejar keuntungan dalam jangka waktu tertentu, tetapi harus aktif berkontribusi terhadap kualitas lingkungan melalui dana CSR perusahaan. 
    • Bagi perusahaan 
      Ketika nama perusahaan terbentuk baik di mata masyarakat, maka proses branding juga akan lebih mudah, terutama jika target masyarakat yang merasakan CSR berskala nasional, seperti beasiswa sepak bola, pendirian sumur di daerah kering dan sebagainya. 
    • Bagi pemerintah 
      Manfaat CSR adalah mendukung program-program pemerintah terkait kemajuan bangsa dan negara. CSR adalah aksi sosial yang dilakukan oleh perusahaan terhadap masyarakat. Oleh sebab itu, CSR perusahaan hadir membantu pemerintah dalam menangani berbagai masalah sosial seperti pencemaran lingkungan, kemiskinan, pengangguran, Pendidikan dan sebagainya. 
    • Bagi masyarakat 
      Contoh nyata CSR adalah pendirian pabrik di tengah-tengah masyarakat dengan memperhatikan kenyamanan dan keamanan warga sekitar. Selain itu, CSR perusahaan juga bisa diwujudkan dengan menyerap tenaga kerja dari warga di lingkungan perusahaan.

    4. Tujuan CSR

    • Menjaga nama baik dan citra perusahaan 
      Tujuan utama dari pelaksanaan program CSR salah satunya adalah untuk menjaga citra dan juga nama baik perusahaan di hadapan masyarakat umum. 
    • Solusi untuk menyelesaikan masalah yang terjadi di sekitar lingkungan
      Adanya program CSR adalah salah satu bentuk upaya dari perusahaan untuk membantu dan menyelesaikan semua masalah yang ada di lingkungan sekitar. Masalah yang ada bisa muncul dari berbagai sisi. Mulai dari lingkungan, sosial dan ekonomi. 
    • Menjaga hubungan baik dengan stakeholder
      Dengan program CSR, maka akan tercipta sebuah hubungan yang lebih hangat dan bersahabat dengan lingkungan perusahaan. Program CSR juga mampu memberikan banyak manfaat bagi masyarakat dalam upaya pengembangan dan pemberdayaan mereka sendiri. 

    5. Contoh CSR

    • Bidang ekonomi
    1. Pengembangan UMKM.
    2. Pengembangan koperasi simpan pinjam dan usaha.
    3. Pemberian modal.
    • Bidang lingkungan
    1. Program pengelolaan limbah.
    2. Penanaman 1000 pohon.
    3. Pembangunan lahan.
    • Bidang Kesehatan
    1. Program donor darah.
    2. Pengobatan gratis.
    3. Vaksinasi covid-19.
    • Bidang budaya Pagelaran seni.
    1. Pemberdayaan dan pengembangan seniman.
    2. Pelestarian karya seni. 
    • Bidang Pendidikan
    1. Pelatihan keterampilan.
    2. Pemberian beasiswa.
    3. Seminar di bidang Pendidikan. 

    Itulah beberapa penjelasan tentang CSR yang mungkin baru kamu ketahui. 

    Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

    Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

    Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

    csr csr korporasi dana csr perusahaan masyarakat sosial lingkungan
    Editor : Novita Sari Simamora
    Bagikan
    Konten Premium

    Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

    Artikel Terkait



    Berita Lainnya

    Berita Terkini

    back to top To top