Cari berita
Bisnis.com

Konten Premium

Bisnis Plus bisnismuda Koran Bisnis Indonesia tokotbisnis Epaper Bisnis Indonesia Konten Interaktif Bisnis Indonesia Group Bisnis Grafik bisnis tv

Keberhasilan Presidensi G20 Indonesia Tingkatkan Kepercayaan Investor 

Badan Kebijakan Fiskal (BKF) mengungkapkan dampak keberhasilan Presidensi G20 Indonesia terhadap kepercayaan investor.
Maria Elena
Maria Elena - Bisnis.com 22 November 2022  |  20:03 WIB
Keberhasilan Presidensi G20 Indonesia Tingkatkan Kepercayaan Investor 
Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) secara resmi menutup rangkaian Presidensi G20 Indonesia, Rabu (16/11 - 2022), di Hotel The Apurva Kempinski, Bali / Dok. Biro Setpres RI.
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA — Kepala Badan Kebijakan Fiskal (BKF) Kementerian Keuangan Febrio Kacaribu menyampaikan bahwa Presidensi G20 Indonesia telah berhasil dan sukses diselenggarakan. Hal itu ditandai dengan diraihnya konsensus bersama atau Leaders' Declaration

Dia mengatakan, keberhasilan Presidensi G20 pada tahun ini menunjukkan bahwa Indonesia mampu memimpin agenda reformasi ekonomi dan keuangan global untuk mendukung pemulihan ekonomi yang inklusif dan berkelanjutan.

“Presidensi G20 telah menjadi sarana artikulasi diplomasi ekonomi Indonesia dalam memperjuangkan kepentingan negara, baik domestik maupun negara berkembang,” katanya dalam acara Sosialisasi Neraca Institusi Terintegrasi, Selasa (22/11/2022).

Febrio mengatakan Presidensi G20 juga memberikan kesempatan bagi Indonesia untuk menunjukkan capaian Indonesia dalam menangani pandemi, meningkatan kepercayaan investor terhadap perekonomian Indonesia, serta menunjukkan persepsi yang kuat terkait ketahanan ekonomi di dalam negeri.

Lebih lanjut, pembahasan tiga agenda utama yang diusung Indonesia, yaitu arsitektur kesehatan dunia, transformasi ekonomi digital, dan transisi energi, pun kata Febrio berhasil membuahkan konsensus.

Pada agenda pertama, Presidensi G20 Indonesia telah berhasil meluncurkan Financial Intermediary Fund (FIF) atau Pandemic Fund serta telah menghimpun dana sebesar US$1,4 miliar.

“Ini menjadi dana awal sehingga Pandemic Fund bisa mengumpulkan setidaknya US$10 miliar setiap tahun dalam beberapa tahun kedepan utk memastikan arsitektur kesehatan dunia semakin siap terhadap ancaman pandemi ke depan,” jelasnya.

Selanjutnya, terkait transformasi ekonomi digital, konsensus juga diraih banyak negara, khususnya dalam mendukung agenda pengembangan ekonomi digital di negara berkembang, termasuk mendorong keterlibatan UMKM.

Pada agenda transisi energi, Indonesia juga berhasil meraih komitmen US$20 miliar dari beberapa negara maju yang tergabung dalam G7 yang akan mendukung transisi energi di Indonesia. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

kemenkeu G20 Indonesia investasi
Editor : Feni Freycinetia Fitriani
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

Terpopuler

Banner E-paper
back to top To top