Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Profil Taman Budaya GWK, Jadi Lokasi Gala Dinner Biden Cs di KTT G20

Presiden AS, Joe Biden dan sejumlah tamu penting KTT G20 akan menghadiri acara gala dinner di Taman Budaya GWK, Bali.
Wisatawan mengunjungi kawasan Garuda Wisnu Kencana (GWK) Cultural Park di Badung, Bali, Sabtu (30/1/2021)./Antara-Naufal Fikri Yusuf
Wisatawan mengunjungi kawasan Garuda Wisnu Kencana (GWK) Cultural Park di Badung, Bali, Sabtu (30/1/2021)./Antara-Naufal Fikri Yusuf

Bisnis.com, JAKARTA - Presiden Amerika Serikat, Joe Biden, dan sejumlah tamu penting Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 dijadwalkan untuk menghadiri acara makan malam atau gala dinner di kompleks Garuda Whisnu Kencana (GWK), Bali.

GWK menjadi salah satu tempat yang paling ikonik di Bali selain dengan kontur wilayah pegunungan yang eksotis, tempat tersebut juga memamerkan patung Dewa Wisnu yang tengah menunggangi Garuda yang juga merupakan simbol dari negara Indonesia.

Dalam mitologi Hindu, Dewa Wisnu dipandang sebagai pelindung alam semesta. Adapun, pendampingnya yang terpercaya, Garuda yang mirip elang yang perkasa melambangkan kesetiaan dan pengabdian tanpa pamrih. Kencana artinya emas, dan keduanya dihiasi mahkota mozaik emas.

Patung GWK menjadi salah satu monumen tertinggi di dunia selain Patung Liberty di Amerika Serikat karena tingginya yang mencapai 120 meter.

Patung GWK dirancang oleh seniman terkenal Bali Nyoman Nuarta, patung tersebut terbuat dari tembaga dan kuningan dan memiliki 754 modul dengan 25 segmen baja dengan berat 900 ton, dengan berat baja 1300 ton.

Patung GWK terletak di taman budaya seluas 60 hektare yang telah menjadi daya tarik bagi tamu mancanegara yang datang ke Pulau Dewata. Tempat tersebut menyuguhkan pandangan sekilas tentang warisan menarik Bali melalui pertunjukan budaya, cerita rakyat legendaris, patung besar, dan presentasi sinematik yang dramatis.

Selama persiapan KTT G20, pemerintah telah membenahi sejumlah infrastruktur pendukung GWK yang disiapkan untuk menjadi lokasi welcoming Gala Dinner para Presiden dan delegasi KTT G20.

Penataan kawasan GWK seluas 4.000 m2 meliputi pekerjaan penataan area Tirta Amertha, penataan entrance gate 3, dan pelandaian ramp Taman Festival.

Lokasi entrance gate diperluas dan dipercantik dengan berbagai karya seni, sedangkan jalur ramp Taman Festival diperlebar dan dilandaikan agar lebih memudahkan pergerakan para kepala negara.

Selain untuk mempermudah aksesibilitas pengunjung dan tamu Presidensi G20 dari area Tirta Amertha menuju area Taman Festival, penataan kawasan GWK juga akan mendukung pengembangan destinasi pariwisata yang berstandar internasional dan berwawasan budaya di Provinsi Bali.

Diberitakan sebelumnya, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno mengatakan akan ada kejutan pada gala dinner Kepala Negara dan delegasi G20 di Garuda Wisnu Kencana (GWK), Bali pada malam ini, Selasa (15/11/2022).

Sandiaga juga mengatakan nanti malam para delegasi akan diberikan pilihan untuk memakai baju yang telah disiapkan oleh panitia KTT G20.

"Ada pakaian adat dan pakaian nasional yang disiapkan. Untuk lainnya, tunggu saja akan ada surprise," kata Sandiaga pada konferensi pers di Media Center, Bali International Convention Center, Selasa (15/11/2022).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Muhammad Ridwan
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper