Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Top 5 News BisnisIndonesia.id: Ekonomi Malaysia hingga Kekayaan Elon Musk Tergerus

Sejumlah berita menarik dan analitik tersaji dari meja redaksi BisnisIndonesia.id Kamis (10/11/2022)
Malaysia/Pegipegi
Malaysia/Pegipegi

Bisnis.com, JAKARTA— Pertumbuhan ekonomi Malaysia diprediksi terus melesat di tengah muramnya prospek perekonomina global. AmBank Group memprediksi PDB Malaysia tumbuh 12,2 persen pada kuartal ketiga 2022. Prediksi itu lebih tinggi dari hasil sigi Reuters terhadap 22 ekonom yang memperkirakan pertumbuhan 11,7 persen pada kuartal Juli-September.

Pemberitaan tentang ekonomi Malaysia menjadi salsah satu pilihan editor BisnisIndonesia.id. Selain berita tersebut, sejumlah berita menarik lainnya turut tersaji dari meja redaksi BisnisIndonesia.id.

 Berikut ini highlight BisnisIndonesia.id, Kamis (10/11/2022):

1. Malaysia Gemilang, Pertumbuhan Ekonomi Bisa Capai 12,2 Persen

Pertumbuhan ekonomi Malaysia diprediksi terus melesat di tengah muramnya prospek perekonomina global. AmBank Group memprediksi PDB Malaysia tumbuh 12,2 persen pada kuartal ketiga 2022. Prediksi itu lebih tinggi dari hasil sigi Reuters terhadap 22 ekonom yang memperkirakan pertumbuhan 11,7 persen pada kuartal Juli-September.

Sebelumnya, Bank Dunia juga IMF memberikan proyeksi positif atas pertumbuhan ekonomi Malaysia.Bank Dunia, Selasa (27/10/2022) menaikkan perkiraan pertumbuhan ekonomi tahun 2022 Malaysia, menjadi 6,4 persen dari sebelumnya 5,5 persen.

Sedangkan Dana Moneter Internasional (IMF), dalam World Economic Outlook yang dirilis 12 Oktober 2022, menaikkan perkiraan pertumbuhan ekonomi Malaysia untuk tahun ini dari 5,1 persen menjadi 5,4 persen.

Sementara itu, pertumbuhan global diperkirakan melambat dari 6,0 persen pada 2021 menjadi 3,2 persen pada 2022 dan 2,7 persen pada 2023.

2. Memperkuat Persaudaraan Indonesia-Arab Saudi Lewat Energi Baru

Pemerintah terus berupaya memperkuat hubungan persaudaraan Indonesia dengan Arab Saudi, salah satunya melalui kerja sama di bidang energi.

Baru-baru ini, Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arifin Tasrif melakukan pertemuan dengan Menteri Energi Kerajaan Arab Saudi Pangeran Abdulaziz Bin Salman bin Abdulaziz Al Saud.

Pertemuan secara virtual yang dilakukan pada Jumat (4/11/2022) tersebut membahas tentang peluang investasi Arab Saudi di bidang petrokimia, kilang minyak, hingga pembangkit listrik berbasis energi baru dan terbarukan (EBT) di Indonesia.

Dalam pertemuan tersebut, Arifin menekankan hubungan persaudaraan antara Indonesia dan Arab Saudi menjadi hal yang krusial bagi kedua negara. “Kerajaan Arab Saudi dalam bidang energi telah menjadi mitra utama kerja sama Indonesia, Saudi menjadi pemasok minyak mentah dan produk olahannya ke Indonesia,” kata Arifin dikutip Rabu (9/11/2022).

3. Pembiayaan Iklim COP27, Komitmen Negara Maju Dipertaruhkan

Pembiayaan untuk penanggulangan iklim masih jauh pasak dari tiang. Di tengah kebutuhan penanganan iklim yang mencapai US$1 triliun per tahun, komitmem negara maju dalam pendanaan iklim senilai US$100 miliar per tahun masih belum terpenuhi. Padahal, ambisi untuk menekan pemanasan global dan menurunkan tingkat  emisi karbon sudah menjadi rencana global.

Dalam sebuah artikel di situs imf.org, yang diunggah 23 Maret 2022, Kristalina Georgieva, Vitor Gaspar dan Ceyla Pazarbasioglu menegaskan bahwa negara miskin dan rentan membutuhkan dukungan untuk beradaptasi dengan perubahan iklim.

Negara-negara termiskin menghadapi risiko terbesar dari perubahan iklim dan membutuhkan dukungan internasional untuk membiayai adaptasi. Sementara itu, sebuah laporan Panel Antarpemerintah PBB tentang Perubahan Iklim menguraikan konsekuensi dramatis atas kegagalan mengekang kenaikan suhu global dan beradaptasi dengan planet yang lebih panas.

4. Ancaman Resesi dan Kinerja Mentereng IPC Terminal Petikemas

PT IPC Terminal Petikemas (TPK) menorehkan catatan mentereng di tengah tahun pemulihan 2022. Perusahaan membukukan peningkatan pelayanan peti kemas internasional hingga 161 persen sepanjang Januari - Oktober 2022 dibandingkan dengan tahun sebelumnya. 

Peningkatan strategi bisnis dijalankan IPC TPK sejak merger PT Pelindo (Persero) pada 1 Oktober 2021. Terlebih, IPC harus bersaing langsung dengan Jakarta International Container Terminal (JICT), New Priok Container Terminal One (NPCT-1) sertaTerminal Petikemas Koja (TPK).

Direktur Utama IPC Terminal Petikemas David Pandapotan Sirait menuturkan pandemi memacu pihaknya untuk lebih dekat dengan pelanggan. IPC memberikan nilai tambah dengan berbagai program, salah satunya kemudahan berlabuh saat kedatangan (berthing on arrival) maupun membantu administrasi kapal dengan stakeholder. 

IPC turut serta dalam upaya memastikan ketersediaan kontainer di dalam negeri. Termasuk menarik cepat kontainer dari Irak, hingga upaya mendukung kapal yang tidak bisa bersandar untuk tetap dapat lego jangkar di pelabuhan. 

5. Lego Saham Tesla, Kekayaan Elon Musk Tergerus Rp60 Triliun

Kekayaan taipan terkaya dunia, Elon Musk langsung tergerus hingga US$3,95 miliar atau setara Rp61,7 triliun setelah melego sahamnya di perusahaan kendaraan listrik Tesla Inc. 

Pelepasan saham itu dilakukan tak lama setelah menyelesaikan kesepakatan senilai US$44 miliar dengan Twitter Inc. Sejumlah sumber yang mengetahui permasalahan tersebut meyakini bahwa CEO Tesla itu akan melanjutkan penjualan saham. 

Sebagai orang kaya nomor wahid, Bloomberg Billionaires Index menunjukkan kekayaan Musk terus menurun sejak November tahun lalu yang mencapai US$323 miliar. 

Berdasarkan keterbukaan dari Komisi Sekuritas dan Bursa AS pada Selasa (8/11/2022), Musk menjual 19,5 juta saham Tesla, seperti dikutip CNBC. 

Menurut dokumen pengajuan perusahaan, Musk telah melepas saham Tesla senilai US$22 miliar pada tahun lalu ketika saham melonjak hingga 50 persen. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Sumber : BisnisIndonesia.id
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper