Cari berita
Bisnis.com

Konten Premium

Bisnis Plus bisnismuda Koran Bisnis Indonesia tokotbisnis Epaper Bisnis Indonesia Konten Interaktif Bisnis Indonesia Group Bisnis Grafik bisnis tv

Intip Daftar Gaji Masinis Kereta Api Lengkap, Fantastis!

Seorang masinis memegang tanggung jawab yang besar untuk memastikan keselamatan penumpang. Oleh karena itu, gaji masinis juga tergolong tinggi.
Hana Fathina
Hana Fathina - Bisnis.com 01 November 2022  |  08:46 WIB
Intip Daftar Gaji Masinis Kereta Api Lengkap, Fantastis!
Gaji masinis kereta
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Jika kamu sering menaiki kereta api, tentu saja kamu tidak akan asing dengan yang Namanya masinis. Gaji masinis di Indonesia sendiri bisa dibilang cukup besar untuk gaji masinis kereta api dan masinis KRL commuter line biasanya akan berbeda. 

Tugas dari seorang masinis adalah bertanggung jawab untuk mempercepat kereta api, menghentikan kereta api, mengikuti sinyal kereta, hingga menjamin keselamatan kereta api yang dijalankan sehingga dapat mengatakan masinis ini adalah seorang kepala perjalanan. 

Bekerja menjadi seorang masinis bisa menjadi salah satu pilihan favorit untuk para pelamar terutama di PT Kereta Api Indonesia Persero atau PT KAI, hingga saat ini ada lebih dari ribuan pelamar dalam sekali perekrutan pegawai. 

Berikut ini beberapa penjelasan tentang gaji masinis yang sudah dilansir dari berbagai sumber:

1. Gaji masinis KRL Commuter Line

Gaji masinis commuter line berbeda dengan gaji seorang masinis PT Kereta Api Indonesia. Gaji seorang masinis KRL sekitar Rp6 juta hingga Rp9 juta perbulannya. Gaji ini sudah termasuk dengan tunjangan Kesehatan dan risiko. 

Meskipun gaji masinis KRL lebih kecil dibandingkan KAI, hal ini cukup wajar. Karena jumlah penumpang dari KRL lebih sedikit dan juga mengambil jalur operasional yang lebih pendek dibandingkan dengan PT Kereta Api Indonesia. 

Seorang masinis KRL juga memiliki tanggung jawab yang sama besar dengan masinis KAI, karena menjadi seorang masinis akan menyangkut hidup banyak orang, maka tidak heran jika ingin menjadi seorang masinis kamu harus melewati beberapa tahapan dan hanya orang terpilih lah yang akan menjadi masinis. 

2. Gaji Masinis Kereta Api (KAI)

Gaji masinis KAI terbilang cukup besar dan juga akan mendapat tunjangan lain Ketika bekerja, menjadi seorang masinis di KAI juga akan menjadi seorang aparatur sipil negara atau ASN, maka dari itu tidak heran jika perusahaan ini banyak diminati oleh para pencari kerja. 

Gaji yang akan diterima seorang masinis KAI yaitu sekitar 13 juta perbulan, gaji tersebut belum termasuk beberapa benefit lainnya seperti tunjangan kinerja hingga benefit transportasi dan tunjangan anak dan istri. 

Sementara itu untuk level manajemen senior Manager PT Kereta Api Indonesia gajinya mencapai 18 juta hingga 30 juta perbulan. Tentunya nilai ini sangat besar jadi tidak heran banyak sekali pencari kerja yang ingin menjadi seorang masinis. 

3. Syarat menjadi masinis

  • Warga negara Indonesia.
  • Untuk Pendidikan tingkat SMA, usia minimal 18 tahun dan maksimal 25 tahun.
  • Untuk Pendidikan diploma, usia minimal 20 tahun dan maksimal 30 tahun.
  • Pria yang dinyatakan sehat jasmani dan rohani secara medis.
  • Bebas dari narkoba.
  • Berkelakuan baik.
  • Bersedia ditempatkan di wilayah mana saja di Indonesia.
  • Tidak memiliki hubungan pernikahan dengan karyawan PT KAI.

4. Gaji Masinis MRT

Kebutuhan perusahaan MRT mungkin akan terus bertambah, dikarenakan penggunanya yang terus meningkat dan bukan tidak mungkin jika rute perjalanannya akan diperluas oleh pemerintah untuk mencegah penumpukan penumpang di berbagai rute. 

Apabila kamu adalah lulusan SMK, kamu masih tetap bisa bekerja di bidang pekerjaan ini dengan baik karena batas pendidikan minimal masinis adalah SMK dengan jurusan tertentu. gaji masinis lulusan SMK juga terbilang tercukupi, dan bisa saja ada kenaikan gaji secara berkala. 

Gaji masinis memang cukup besar, namun keuntungan ini juga mengharuskan pelamar untuk memiliki daya fokus yang tinggi. karena nantinya kamu akan menerima berbagai sinyal dan harus memahaminya. namun, untuk saat ini belum ada informasi pasti mengenai gaji masinis MRT. 

Itulah beberapa penjelasan gaji masinis dan syarat menjadi masinis. Tertarik mau coba?

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

gaji pt kai kereta api kereta Masinis krl
Editor : Novita Sari Simamora
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top