Cari berita
Bisnis.com

Konten Premium

Bisnis Plus bisnismuda Koran Bisnis Indonesia tokotbisnis Epaper Bisnis Indonesia Konten Interaktif Bisnis Indonesia Group Bisnis Grafik bisnis tv

Xi Jinping Buka Kesempatan Diskusi dengan Joe Biden, China-AS Mau Damai Nih?

Komentar ini diutarakan sebelum Xi Jinping bertemu secara langsung dengan presiden AS Joe Biden di puncak KTT G20 di Indonesia November mendatang.
Aprianto Cahyo Nugroho
Aprianto Cahyo Nugroho - Bisnis.com 27 Oktober 2022  |  11:56 WIB
Xi Jinping Buka Kesempatan Diskusi dengan Joe Biden, China-AS Mau Damai Nih?
Presiden China Xi Jinping - Bloomberg

Bisnis.com, JAKARTA – Presiden China Xi Jinping mengatakan pihaknya bersedia bekerja sama dengan Amerika Serikat (AS) untuk menemukan jalan berdamai dan meredakan ketegangan antar kedua negara.

Komentar ini diutarakan sebelum Xi Jinping bertemu secara langsung dengan presiden AS Joe Biden di puncak KTT G20 di Indonesia November mendatang.

Dilansir dari Bloomberg pada Kamis (27/10/2022), Xi mengatakan komunikasi yang lebih baik antara kedua negara akan meningkatkan perdamaian dan pembangunan global.

Hal ini diungkapkan Xi di dalam surat ucapan selamat untuk makan malam tahunan Komite Nasional China untuk Hubungan AS-China pada hari Rabu (26/10), dikutip dari China Central Television.

Komentar tersebut memberikan nada yang lebih mendamaikan setelah kongres Partai Komunis di mana Xi mengamankan masa jabatan ketiga. Dalam kongres tersebut, Xi berjanji China akan bertahan meskipun banyak yang bertentangan.

Sementara itu, Presiden Joe Biden juga mengatakan bahwal AS tidak ingin mencari konflik atau ketegangan dengan China dan mengakui bahwa Xi Jinping mengetahui hal ini.

Biden mengatakan AS akan terus memimpin sejumlah masalah, mulai dari agresi Rusia di Ukraina, perubahan iklim, hingga kawasan Indo-Pasifik.

"Kami tidak mencari konflik dengan mereka (China)," katanya saat bertemu dengan penasihat militer utamanya.

Ketegangan China dan AS semakin meningkat dalam beberapa waktu terakhir. Hal ini dipicu oleh sejumlah hal, mulai dari masalah Taiwan hingga sektor teknologi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Joe Biden china xi jinping
Editor : Aprianto Cahyo Nugroho

Artikel Terkait



Berita Lainnya

    Berita Terkini

    back to top To top