Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Top 5 News Bisnisindonesia.id: IPO Blibli hingga Mobil Listrik

Berita tentang suara analis terpecah terhadap IPO Blibli menjadi salah satu berita pilihan editor BisnisIndonesia.id pada Sabtu (22/10/2022).
Blibli. /Blibli
Blibli. /Blibli

Bisnis.com, JAKARTA – Kalangan analis berbeda pandangan terkait prospek saham PT Global Digital Niaga Tbk. atau Blibli yang kini sedang dalam proses initial public offering (IPO). Di satu sisi, sektor teknologi sedang lesu, tetapi di sisi lain Blibli memiliki dukungan ekosistem dan grup usaha yang besar.

Berita tentang suara analis terpecah terhadap IPO Blibli menjadi salah satu berita pilihan editor BisnisIndonesia.id. Selain berita tersebut, beragam kabar ekonomi dan bisnis yang dikemas secara mendalam dan analitik juga tersaji dari meja redaksi Bisnisindonesia.id.

Berikut ini highlight Bisnisindonesia.id, Sabtu (22/10/2022):

 

1. IPO Blibli Bakal Untung atau Buntung? Suara Analis Terpecah

Blibli bakal menjadi e-commerce ketiga yang melantai di Bursa Efek Indonesia (BEI). Sayangnya, kedua pendahulunya, yang bahkan lebih besar darinya, yakni PT Bukalapak.com Tbk. (BUKA) dan PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk. (GOTO) kurang begitu sukses di pasar.

Karakter bisnis Blibli tidak jauh berbeda dibanding kedunya dan sama-sama masih rugi. Alhasil, besar kemungkinan kisah kejatuhan harga yang sama seperti pada BUKA dan GOTO bakal terulang di Blibli. Apalagi, sentimen untuk sektor teknologi kini sedang buruk.

Meskipun demikian, sebagian ekonom dan analis menilai prospek saham emiten berkode BELI ini masih menarik. Salah satu fakta yang tidak dapat diabaikan begitu saja tentang Blibli adalah bahwa startup ini merupakan bagian dari grup usaha paling sukses di Tanah Air saat ini, yakni Grup Djarum.

 

2. Tancap Gas Pembangunan Proyek Istana Negara IKN Mengejar 2024

Upaya percepatan pembangunan Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP) di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara Kalimantan Timur terus dilakukan. Salah satunya yakni percepatan pembangunan Istana Negara yang akan mulai dibangun pada awal November tahun 2022 ini. 

Hal ini untuk mengejar target Presiden Joko Widodo yang berharap pada 17 Agustus tahun 2024 peringatan HUT ke-79 RI dapat diselenggarakan di halaman Istana Kepresidenan di IKN. Presiden Jokowi menekankan agar pada Agustus 2024 IKN sudah menjadi sebuah kota modern yang hidup. 

Oleh karena itu, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) terus mempercepat proses persiapan pembangunan Istana Negara dan kawasan Istana Kepresidenan di IKN Nusantara

Ketua Satuan Tugas (Satgas) Pelaksana Pembangunan Infrastruktur IKN Danis H. Sumadilaga menuturkan pembangunan Istana Negara dan kawasan Istana Kepresidenan di IKN Nusantara akan dimulai pada bulan depan untuk mengejar target penyelesaian pada 2024.

Di bulan ini Kementerian PUPR menargetkan untuk menyelesaikan tender yang telah dimulai sejak Juli 2022 lalu. Adapun tender paket pembangunan Istana Negara di IKN Nusantara akan segera ditandatangani dalam waktu dekat. Sesuai dengan target yang ditetapkan tender itu akan selesai pada Oktober 2022.

3. Bauran Kebijakan BI, Dinginkan Inflasi Dengan Kompres Suku Bunga

Bank Indonesia kembali menaikkan suku bunga acuan pada Oktober 2022. Pada pekan ketiga Oktober 2022 BI menaikkan suku bunga acuan sebesar 50 basis poin (bps) menjadi 4,75 persen dan tercatat sebagai yang tertinggi sejak Maret 2020. 

Keputusan ini diambil sebagai langkah front loaded dan forward looking untuk menurunkan ekspektasi inflasi yang saat ini overshooting dan memastikan inflasi inti kembali ke sasaran 2 - 4 persen pada paruh pertama tahun 2023. Ini merupakan ketiga kalinya BI mengerek BI7DRR sejak pandemi Covid-19. Dalam RDG sebelumnya atau September 2022, BI menaikan suku bunga acuan 50 bps dari 3,75 persen menjadi 4,25 persen. 

Pada Juli 2022, BI juga menaikkan suku bunga acuan 25 bps dari 3,5 bps. Diperkirakan BI masih akan menaikkan suku bunga hingga 5 persen pada tahun ini, dan terjadi kenaikan di atas 5 persen pada awal 2023.

Langkah Bank Indonesia menaikkan suku bunga tidak lepas dari skenario bauran kebijakan yang dirancang untuk tahun 2022. Dikutip dari bi.go.id bauran kebijakan merupakan respons atas berbagai dinamika yang terjadi.

4. Industri Keramik Mekar, Defisit Neraca Dagang Masih Melebar

Tahun 2022 dinilai menjadi momentum kebangkitan sektor industri pengolahan nonmigas, termasuk industri keramik. Nyatanya, defisit neraca perdagangan komoditas berkode HS 69 itu semakin melebar.

Kementerian Perindustrian menyebut kinerja positif industri keramik sebagai subsektor dari industri bahan galian nonlogam, yang bertumbuh 1,35% dengan kontribusi 0,47% (y-o-y) pada triwulan pertama 2022. Capaian tersebut menempatkan industri bahan galian nonlogam sebagai peringkat kedua dalam kontribusi perkembangan investasi di sektor industri kimia, farmasi dan tekstil (IKFT) sebesar 2,69 persen

Insentif Harga Gas Bumi Tertentu (HGBT) bagi industri sebesar US$6 per MMBTU menjadi salah satu kebijakan yang dapat meningkatkan efisiensi pada biaya operasional di industri keramik.

Top 5 News Bisnisindonesia.id: IPO Blibli hingga Mobil Listrik

Mitsubishi Outlander PHEV. - Foto Mitsubishi

5. Mitsubishi Outlander PHEV: Terlaris di Jepang Miris di Indonesia

Dua model mobil listrik plug-in Mitsubishi Motors, yakni Outlander PHEV dan Eclipse Cross, menjadi model terlaris mobil listrik hibrida colok pada semester pertama 2022. Di Indonesia, rapor penjualannya merah.

Dua model mobil listrik plug-in Mitsubishi Motors, yakni Outlander PHEV dan Eclipse Cross, menjadi model terlaris mobil listrik hibrida colok pada semester pertama 2022. Di Indonesia, rapor penjualannya merah.

Mitsubishi Motors mengumumkan bahwa total penjualan model Outlander PHEV, SUV crossover andalannya, meraih posisi pertama dalam peringkat penjualan PHEV di Jepang dengan 10.749 unit terjual di semester pertama tahun fiskal 2022.

Selain itu, model PHEV dari SUV crossover Eclipse Cross terjual 2.430 unit sebagai tempat kedua dalam kategori PHEV. Dengan total penjualan 13.179 unit untuk kedua model PHEV, Mitsubishi Motors memimpin dalam kategori PHEV pasar Jepang dengan sekitar 65% dari total pangsa.

Outlander PHEV adalah model andalan Mitsubishi Motors yang memadukan teknologi elektrifikasi dan kontrol semua roda terbaik. Diluncurkan di Jepang pada Desember 2021, Outlander mengusung desain eksterior yang berani berdasarkan konsep I-Fu-Do-Do, pengaturan tempat duduk yang nyaman untuk tujuh penumpang; dan akselerasi halus dan bertenaga dari 4WD motor kembar. 

Mitsubishi Motors meluncurkan model baru di Australia dan Selandia Baru pada tahun ini dan akan memulai penjualan di Amerika Utara pada November 2022.

Sebagai hasil dari penelitian dan pengembangan kendaraan listriknya sejak 1964, Mitsubishi Motors meluncurkan i-MiEV pada 2009. Mobil ini merupakan kendaraan listrik produksi massal pertama di dunia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Yanita Petriella
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper