Cari berita
Bisnis.com

Konten Premium

Bisnis Plus bisnismuda Koran Bisnis Indonesia tokotbisnis Epaper Bisnis Indonesia Konten Interaktif Bisnis Indonesia Group Bisnis Grafik bisnis tv

Perdana! Jasa Marga Pasang Sistem MLFF di Tol Jagorawi

Jasa Marga melakukan pemasangan tiang sensor pembayaran tol tanpa henti atau multi lane free flow (MLFF) di ruas Tol Jagorawi.
Muhammad Ridwan
Muhammad Ridwan - Bisnis.com 19 Oktober 2022  |  19:07 WIB
Perdana! Jasa Marga Pasang Sistem MLFF di Tol Jagorawi
Kepadatan kendaraan di ruas Tol Jagorawi, Cibubur, Jakarta Timur, Senin (5/7/2021). Meskipun telah diterapkan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat, ruas Tol Jagorawi terpantau padat. - Antara
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - PT Jasa Marga (Persero) atau JSMR akan melaksanakan kegiatan pemasangan tiang sensor pembayaran tol tanpa henti atau multi lane free flow (MLFF) di ruas Tol Jagorawi.

Marketing & Communication Departement Head Jasamarga Metropolitan Tollroad, Irra Susiyanti mengatakan pemasangan tiang dengan berat sekitar 4,5 ton dan panjang bentang 24 meter ini akan dilaksanakan pada KM 18+370 arah Ciawi Ruas Tol Jagorawi.

"Proses pengerjaan akan berlangsung mulai 19 Oktober 2022 pukul 22.00 WIB sampai dengan 20 Oktober 2022 pukul 04.00 WIB," ujar Irra dalam keterangan resmi, Rabu (19/10/2022).

Adapun, dampak dari rencana pekerjaan pemasangan tiang sensor pembayaran tol tanpa henti, Jasamarga Metropolitan Tollroad bersama PT Roatex Indonesia Toll System (RITS) sebagai pemilik pekerjaan ini, berkoordinasi dan atas diskresi Kepolisian akan melakukan pengaturan lalu lintas berupa buka tutup lajur secara situasional.

Jasamarga Metropolitan Tollroad bersama PT Roatex Indonesia Toll System (RITS) juga telah menyiapkan rambu-rambu pengamanan pekerjaan sesuai standar, memasang rambu pengalihan lalulintas, memasang lampu selang, dan menyiagakan petugas pengaturan lalulintas.

"Jasa Marga memohon maaf atas ketidaknyamanan yang timbul akibat pekerjaan pemasangan tiang sensor ini. Diimbau kepada pengguna jalan agar dapat memperhatikan jadwal pekerjaan tersebut, mengecek kondisi lalu lintas sebelum melakukan perjalanan dan mengatur waktu perjalanannya," ujarnya.

Diberitakan sebelumnya, Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) bakal melaksanakan uji coba transaksi pembayaran tol non-tunai nirsentuh atau bayar tol tanpa henti (Multi Lane Free Flow/ MLFF) di sejumlah ruas tol.

Kepala BPJT Danang Parikesit mengatakan Jalan Tol Jagorawi akan menjadi salah satu ruas yang akan dipilih untuk uji coba MLFF. Nantinya akan ada 1 pintu gerbang yang menyediakan sistem pembayaran dengan MLFF.

Danang mengatakan, saat uji coba akhir tahun nanti, akan ada ruas lain yang akan dicoba penerapan MLFF sampai nantinya diterapkan serentak secara nasional di seluruh ruas tol.

"Uji coba mulai di JORR S, di Jagorawi, nanti mendorong di Samarinda-Balikpapan di beberapa ruas lagi, tahap pertama di mungkin 5-6 ruas," kata Danang, dikutip Senin (10/10/2022).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

jasa marga jsmr Multi Lane Free Flow (MLFF) tol jagorawi
Editor : Fitri Sartina Dewi
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top